11 Pinjaman Modal Usaha Syariah tanpa Jaminan

Posted on

Pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan menjadi pilihan bagi para pelaku usaha yang ingin menghindari riba. Saat ini, pinjaman modal usaha syariah mudah didapatkan karena tidak hanya banyak ditawarkan oleh bank, tapi juga oleh berbagai lembaga keuangan yang berbasis syariah. Meskipun demikian, tetap ada syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh peminjam modal.

Pinjaman Modal Usaha Syariah tanpa Jaminan

Untuk memulai sebuah usaha diperlukan modal usaha yang besarnya tergantung dari skala usaha yang akan digeluti. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal yaitu dengan melakukan pinjaman modal usaha.

Pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan
Pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan

Berikut ini beberapa rekomendasi pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan yang bisa Anda ajukan untuk modal usaha atau tambahan modal usaha yang sedang Anda jalani.

1. Pinjaman Bank BRI Syariah

Produk pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan yang pertama adalah dari BRI Syariah, di mana produk ini diperuntukan khusus buat para pegawai serta karyawan yang bekerja senantiasa pada suatu perusahaan ataupun lembaga yang berkolaborasi dengan BRI Syariah.

Dengan kata lain, KTA ini adalah produk buat para karyawan yang mempunyai sistem pemberian pendapatan dengan payroll lewat BRI Syariah. Tidak hanya itu di kredit pinjaman tanpa jaminan ini menawarkan sebagian keunggulan berupa telah memakai akad murabahah.

Tidak hanya keunggulan tersebut, pada pinjaman BRI Syariah ini juga mempunyai syarat ketentuan pengajuan yang gampang. Di mana calon debitur mempunyai umur 21– 65 tahun, mempunyai status pekerjaan, serta dokumen( KTP, KK, surat nikah, serta yang lain) buat administrasi.

Dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan di BRI Syariah nantinya Anda dapat memperoleh langit- langit pinjaman sebesar Rp 10– Rp 500 juta. Kemudian buat tenor ataupun jangka waktu pembayaran angsuran dari 12– 60 bulan dengan nominal angsuran cocok pengambilan temponya.

2. Pinjaman Bank BNI Syariah

Produk pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan kedua adalah dari BNI Syariah, di mana nantinya kredit tanpa agunan BNI Syariah mempunyai nama produk berbeda untuk tiap cakupan pembiayaannya. Seperti terdapat BNI Griya IB Hasanah( pembiayaan rumah), BNI Emas IB Hasanah( pembiayaan, emas, dan logam mulia) serta BNI Fleksi Umroh IB Hasanah( pembiayaan umroh).

Dengan begitu Anda tinggal membiasakan saja dengan produk BNI Syariah apa yang cocok dengan kebutuhan. Dalam pengajuan pinjaman tanpa jaminan di BNI Syariah lumayan gampang, Anda tinggal memenuhi ketentuan syarat umum seperti pengajuan lain tanpa wajib menyertakan apapun selaku jaminan.

Sama halnya dengan pinjaman kredit tanpa agunan di atas, nantinya calon debitur juga menawarkan pinjaman dengan plafon bermacam- macam. Buat tenor maupun jangka waktu pembayaran juga umum ialah 12– 60 bulan ataupun 5 tahunan.

3. Pinjaman Bank BCA Syariah

Produk pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan ketiga adalah dari BCA, Kredit tanpa agunan dari BCA konvensional ataupun BCA Syariah. Nantinya kedua pinjaman tersebut tidak berikan syarat para calon nasabah buat menyertakan agunan kala saat proses pengajuan.

Tidak hanya itu pihak BCA Syariah juga menawarkan plafon serta tenor pinjaman yang tidak berbeda dengan 2 pinjaman sebelumnya. Pasti saja perihal ini dapat membiasakan pengambilan langit- langit dengan kebutuhan dikala hendak pengajuan pinjaman duit.

Untuk yang berminat buat ambil KTA BCA Syariah maka silakan lengkapi ketentuan syarat semacam misalnya umur 21– 55 tahun, sudah mengisi formulir pengajuan, KTP, KK, surat nikah, fotokopi rekening koran, serta data slip gaji.

4. Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Produk pinjaman keempat tanpa agunan ialah dari Mandiri Syariah, telah memakai sistem jual beli menjadikan pinjaman di bank Mandiri Syariah mempunyai tinggal kepercayaan yang bagus. Tidak heran bila banyak warga tanah air yang mengajukan pinjaman ini.

Keuntungan bakal didapat oleh perorangan ataupun badan usaha ialah berbentuk opsi cicilan angsuran mulai dari 12– 60 bulan. Dengan plafion pinjaman mulai dari Rp 2 juta– Rp 100 juta, sehingga Anda nantinya dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya.

See also  Bisnis Furniture Minimalis: Rahasia Sukses dalam Industri Furnitur yang Menguntungkan

Teruntuk Anda yang mau ajukan kredit pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan di Mandiri Syariah maka silakan lengkapi ketentuan syarat seperti umur 21– 55 tahun, mempunyai usaha yang telah berjalan minimun 2 tahun, melengkapi identitas diri serta sebagian data terkait yang lain.

5. Pinjaman Bank Muamalat

Berikutnya ada juga produk pinjaman tanpa agunan dari bank Muamalat, dikenal sebagai salah satu bank syariah tertua di Indonesia menjadikan bank ini pastinya diketahui oleh banyak warga bakal sudah memanfaatkannya akad islam dalam tiap produknya.

Pada produk KTA yang ditawarkan buat para karyawan perusahaan di mana telah memberlakukan kerja sama dengan bank Muamalat. Untungnya lagi pada pinjaman di Muamalat ialah tanpa riba, plafon besar, skema angsuran fleksibel, proses pengajuan gampang serta pencairan kilat.

Kemudian untuk Anda yang mau ajukan Pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan di bank Muamalat maka dapat ikuti tabel pinjaman bank Muamalat terlebih dulu. Disana telah diberikan data lengkap mengenai plafon, tenor pembayaran serta nominal angsuran per bulannya.

6. Pembiayaan iB K3A

Pembiayaan iB K3A ialah produk pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan ataupun dikenal pula selaku KTA Bank Bukopin Syariah. Produk ini cuma bisa digunakan, untuk nasabah lembaga Koperasi Karyawan, Pegawai, serta Pegawai Negeri.

Masing- masing nasabah dari koperasi ini, bisa mengajukan pinjaman sampai maksimal Rp. 100 juta, dengan cicilan tenor sampai 60 bulan. Tidak hanya itu, pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan ini dapat juga digunakan buat bermacam keperluan diluar modal usaha.

7. Investree

Investree ialah salah satu pionir perusahaan teknologi finansial di Indonesia ini adalah menjadi online marketplace yang mempertemukan lender( owner dana pinjaman) serta borrower dengan pinjaman yang terjangkau serta gampang diakses.

Melalui produk pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan Investree Syariah, seluruh kegiataan yang dilakukan baik itu pembiayaan bebas riba, serta bebas dari transaksi yang dilarang syariat Islam.

Seluruh keuntungan yang didapat lender ialah Imbal hasil yang didapat owner dana berbentuk ujrah wakalah ataupun jasa penagihan yang dibayarkan peminjam dana tanpa beban bayaran apapun.

Untuk Besaran dana pinjaman yang dipatok lewat Investree syraiah ini mulai dari Rp5 juta buat pembiayaan bisnis. Sebaliknya buat borrower, pinjaman yang didapat bebas bunga, cuma membayar administrasi, tanpa bayaran terselubung serta prosesnya yang cepat. Investree syariah saat ini telah terdaftar selaku pinjaman online di OJK.

Tetapi perlu dicatat bila tidak seluruh pembiayaan dapat dikeluarkan oleh Investree. Jadi cuma pengajuan dari perusahaan ataupun bisnis tertentu saja yang dapat mengajukan pembiayaan.

Proses pengajuan pembiayaan lewat Investree

  • Pengajuan peminjaman dana bakal dianalisis serta umumnya waktu yang diperlukan buat analisis credit scoring sekira 3 hari kerja
  • Penggalangan dana memakan waktu 14 hari. Tetapi, bila dalam 14 hari dana yang Anda butuhkan telah terkumpul, maka dana dapat langsung dicairkan.
  • Walaupun platform ini menawarkan plafon kredit sampai Rp2 miliyar, tetapi pembiayaan senantiasa dibatasi maksimal 80% dari nilai pengajuan.

8. Alami Sharia

ALAMI Sharia ialah perusahaan P2P Lending Syariah yang berdiri semenjak 2018 lalu yang mempunyai visi“ Merevolusi Industri Keuangan Syariah Dengan Teknologi” serta sudah berizin dan diawasi oleh OJK serta DSN MUI.

Semenjak tahun 2018, ALAMI Sharia sendiri telah menyalurkan pembiayaan lebih dari 1 Triliun dengan tingkatan keberhasilan( TKB90) 100%. Alami sharia mengkhususkan dananya buat peminjam yang mempunyai usaha kecil menengah ataupun UKM.

Di Alami, pelaku UKM bisa mendapat pinjaman mulai dari Rp50 juta sampai Rp2 miliyar, serta bakal dibiayai oleh ALAMI maksimal 80% dari nilai pengajuan. Karna mempunyai prinsip islami, Alami berikan ketentuan khusus yakni usaha yang dijalankan bebas dari unsur haram, semacam peternakan ataupun perniagaan babi, rokok, alkohol, narkoba, ataupun usaha lain yang berlawanan dengan syariat Islam.

Supaya bisa mengajukan pinjaman di Alami Sharia, terdapat beberapa ketentuan yang wajib Anda penuhi terlebih dahulu. Antara lain yaitu usaha yang Anda ajukan wajib berupa PT, CV, ataupun Yayasan yang beroperasional sesuai dengan syariat Islam, usaha yang Anda jalankan telah berdiri minimun satu tahun serta berlokasi di Jabodetabek. Sertakan pula rekening koran serta laporan keuangan 6 bulan terakhir, memiliki giro mundur serta jaminan personal buat dijaminkan.

See also  15 Service Mesin Cuci Samsung Semarang Recommended

ALAMI Sharia juga menawarkan produk Invoice Financing, yakni pembiayaan dalam wujud jasa pengurusan penagihan piutang bersumber pada fakta tagihan( invoice), baik disertai ataupun tanpa disertai talangan( qardh) yang diberikan kepada pelaku usaha yang mempunyai tagihan kepada pihak ketiga( payor).

Manfaat dari produk tersebut ialah terdapatnya transparansi mengenai akad investasi, memudahkan funders( pemberi modal) buat berinvestasi secara syariah, memudahkan pelaku usaha buat memperoleh pembiayaan bisnis secara syariah, serta bisa tingkatkan kapasitas bisnis UMKM di Indonesia.

9. Qazwa

Qazwa Mitra Hasanah merupakan perusahaan yang mempunyai fintech Qazwa yang berbasis syariah. Tugasnya ialah, buat mempertemukan para investor dengan kreditur, buat memperoleh pinjaman modal usaha syariah.

Lembaga pembiayaan ini, mengkhususkan diri buat memberikan modal usaha untuk pelaku UMKM di berbagai sektor, sepanjang penuhi kriteria sesuai syariat.

Tetapi buat saat ini, daerah pelayanan operasionalnya, cuma buat dekat Jabodetabek saja. Pinjaman Modal Usaha Syariah Tanpa Jaminan ini, bisa menawarkan tenor dari 1- 6 bulan, dengan sistem pembayaran sekali lunas.

10. Dana Syariah

Aplikasi fintech Dana Syariah, ialah pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan yang cuma dikhususkn buat pinjaman properti. Terutama, untuk yang memerlukan dana fresh buat mengerjakan proyek dalam jangka pendek.

Saat melaksanakan pengajuan pinjaman, ada sebagian tahapan yang wajib dilakukan, seperti uraian berikut ini:

  • Mendaftarkan diri selaku peminjam dana, yang menyetujui syarat serta ketentuannya.
  • Mengajukan proposal usaha ataupun proyek yang memerlukan dana, buat bisa diverifikasi.
  • Menunggu proses pengumpulan dana, dengan perjanjian akad ataupun bagi hasil.
  • Proses pencairan dananya, bakal menjajaki syarat serta persyaratan yang berlaku.
  • Sesudah dana diterima, peminjam mempunyai kewajiban buat memberikan imbalan untuk hasil sesuai dengan agenda yang telah didetetapkan.
  • Proses perjanjian bakal berakhir, sesudah pengembalian pinjaman lunas.

Usaha properti memanglah mempunyai keuntungan yang besar, walaupun bakal selalu memerlukan modal besar. Oleh karenanya, Dana Syariah bisa jadi pemecahan ampuh buat memperoleh pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan, yang cocok dengan syariat.

11. Ammana

Ammana juga merupakan fintech pertama di Indonesia, yang menawarkan pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan. Keberadaan nya juga dipastikan nyaman, sebab telah mempunyai izin operasional serta terdaftar di OJK.

Tidak hanya itu, sistem pembiayaan dari fintech syariah ini juga bisa dipertanggung jawabkan. Alasannya, tiap calon peminjamnya diharuskan jadi anggota terlebih dulu, dari mitra keuangan yang sudah berkolaborasi dengan Ammana.

Sistem yang dikenal selaku Not Direct Funding ini, menjanjikan keamanan yang lebih baik untuk seluruh pihak yang ikut serta dalam perjanjian.

Pinjaman syariah dari Ammana ini, menawarkan 2 mekanisme pengajuan, ialah secara langsung serta tidak langsung.

Tidak Langsung

Buat pengajuan pinjaman tidak langsung, prosesnya wajib lewat mitra keuangan, ataupun Koperasi Simpan Pinjam serta Pembiayaan Syariah ataupun KSPPS.

Sesudah jadi anggota dari mitra tersebut, calon peminjam bakal memperoleh pendampingan serta pembinaan dari semenjak awal bergabung. Serta setelahnya, calon peminjam bisa mulai mengajukan pinjaman ke lembaga pendamping.

Langsung

Sebaliknya buat pinjaman secara langsung, bisa dicoba dengan metode mendaftar selaku mitra peminjam semenjak awal pengajuan. Setelah itu, calon peminjam juga bakal memperoleh pendampingan serta pembinaan dari tim Ammana.

Pada saat proses telah berjalan, mitra peminjam bisa mulai mengajukan modal usaha selaku pinjaman ke pihak Ammana. Berikutnya, permohonan bakal dipilih terlebih dulu, dengan melalui bermacam proses analisa, skoring, komite, sampai kroscek.

Bila pengajuan sukses lolos, pengajuan pinjaman baru bakal di infokan lewat marketplace, buat memperoleh penggalangan dana. Tetapi sesudah pinjaman tanpa jaminan ini sukses dicairkan, pembinaan serta pendampingan bakal senantiasa berjalan sampai lunas.

Akhir Kata

Itulah rekomendasi beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha syariah tanpa jaminan melalui bank dan lembaga keuangan bukan bank. Semoga dengan adanya informasi pinjaman tanpa agunan tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan, terutama bagi pelaku usaha.

Referensi: https://kataomed.com/, https://www.pakaiatm.com/

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.