Investasi Online Modal 100 Ribu, Cek 7 Rekomendasi Berikut!

Posted on

Investasi online modal 100 ribu kini dapat dengan mudah dilaksanakan dengan berbagai pilihan tempat investasi yang aman dan menjanjikan. Peluang ini pastinya tidak boleh Anda lewatkan, terutama para generasi muda mulailah untuk memikirkan bagaimana caranya memiliki kemapanan finansial diusia muda.

Investasi Online Modal 100 Ribu

Kurangnya keberanian untuk memulai dan anggapan bahwa investasi itu memerlukan modal yang besar membuat banyak masyarakat kehilangan kesempatan itu. Padahal hanya dengan modal 100 ribu, Anda telah dapat memulai investasi pertama Anda.

Investasi Online Modal 100 Ribu
Investasi Online Modal 100 Ribu

Berikut ini daftar investasi online modal 100 ribu yang dapat Anda coba!

  1. Investasi Saham
  2. Investasi Emas
  3. Reksa Dana
  4. Surat Berharga Negara
  5. Uang Asing
  6. P2P Lending
  7. Equity Crowdfunding

Investasi Saham

Investasi Online Modal 100 Ribu yang pertama adalah investasi saham. Siapa bilang investasi saham memerlukan dana jutaan rupiah? Anda dapat mengawali investasi saham dari duit Rp100 ribu saja lewat marketplace ataupun lembaga keuangan portabel. Tidak hanya itu, investor dapat berinvestasi saham modal kecil di perusahaan BUMN serta blue chip.

Perusahaan BUMN ataupun blue chip disebut sebagai tempat investasi saham sangat sempurna. Alasannya, kedua tempat tersebut lebih likuid serta normal sehingga sedikit resiko.

Sebagaimana kita ketahui, saham merupakan ciri pernyataan modal seorang ataupun badan usaha pada sesuatu perusahaan ataupun perseroan terbatas.

Untuk mempunyai saham perusahaan, kita wajib mempunyai modal di perusahaan tersebut untuk dapat mengklaim pembagian atas pemasukan perusahaan, peninggalan perusahaan serta berhak muncul dalam Rapat Umum Pemegang Saham( RUPS).

Apabila kita membeli saham pada perusahaan terbuka, saham tersebut tiap hari diperdagangkan dan biayanya hadapi fluktuasi dapat dalam keadaan peningkatan ataupun penyusutan saham.
Anda dapat mengklaim bagi hasil atas pemasukan perusahaan serta asetnya lewat saham yang telah dibeli. Tidak hanya itu, investor berhak mendatangi rapat umum pemegang saham( RUPS).

Tetapi, permintaan serta penawaran saham sangat dipengaruhi oleh aspek internal serta eksternal perusahaan. Aspek internal meliputi kinerja perusahaan itu sendiri. Sedangkan aspek eksternal mencakup pertumbuhan nilai tukar, suku bunga, inflasi, serta keadaan sosial politik.

Investasi Emas

Investasi Online Modal 100 Ribu

Investasi emas merupakan salah satu wujud investasi konvensional yang telah lumayan diketahui di masyarakat. Emas lumayan diminati masyarakat sebab metode investasi yang lumayan sederhana, yakni lumayan membeli emas kemudian tinggal menunggu peningkatan nilainya dari waktu ke waktu.

Semenjak dulu, emas jadi wadah investasi paling diminati oleh investor. Bedanya, orang- orang di masa lampu berinvestasi emas dalam wujud perhiasan. Tetapi di masa saat ini, wujud investasi emas lebih variatif, semacam batangan, logam mulia, serta tabungan.

Keuntungan lain yaitu dari sisi likuiditas sebab tidak begitu susah buat menjual emas apabila memerlukan dana tunai.

Kekurangan dari investasi emas yaitu imbal hasilnya yang tidak sangat besar, yakni kurang lebih 5%- 10% per tahunnya. Walaupun lebih besar daripada deposito, investor emas bakal agak sedikit repot dalam perihal penyimpanannya sebab terdapat wujud raga emas yang membutuhkan tempat.

Jika Anda mempunyai duit Rp100 ribu, investasi emas berbentuk tabungan lah yang sangat sesuai. Nantinya, nominal tersebut dikonversi jadi jumlah gr emas sesuai harga dikala itu. Sebagai contoh, 1 gr emas saat ini Rp900 ribu, sebaliknya Anda menabung senilai Rp200 ribu. Berarti, emas yang diperoleh yaitu kurang lebih 0. 4 gr.

See also  9 Distributor Pipa Besi di Surabaya Harga Terbaik!

Investasi emas juga tidak menciptakan pemasukan pasif buat cashflow bulanan seperti halnya obligasi.

Dengan karakteristik investasi emas di atas, investasi emas sesuai buat investasi jangka panjang. Saat ini emas telah dapat dibeli dengan bayaran rendah, yakni kurang lebih Rp. 50, 000– Rp. 100, 000 buat memperoleh 0. 1 gr emas.

Tempat Investasi Online Modal 100 Ribu berupa emas saat ini ada secara online, seperti Traveloka, Pegadaian, serta yang lain. Guna memulai investasi di platform ini, Anda cuma butuh mempersiapkan KTP, foto, serta no ponsel yang masih digunakan.

Reksa Dana

Dengan uang Rp100 ribu, Anda juga telah dapat menjadi investor reksa dana. Untuk yang belum memahami istilah reksa dana, kategori investasi ini mempunyai makna“ Wadah yang dipergunakan buat menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk berikutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi”.

Investasi Online Modal 100 Ribu yang Anda miliki bakal meningkat nilainya tiap hari bila digunakan buat investasi reksa dana. Tempat investasi ini bakal menyetorkan dana dari investor ke portofolio Efek sehingga dapat bertambah jumlahnya. Tidak perlu takut soal pengelolaan dana tersebut sebab langsung ditangani oleh manajer investasi berpengalaman.

Terdapat beberapa kategori investasi Reksa Dana menurut tingkatan risikonya, diawali dari yang terendah hingga yang paling tinggi yakni:

  • Reksa dana Pasar Uang,
  • Reksa dana Terproteksi,
  • Reksa dana Pendapatan Tetap,
  • Reksa dana Campuran,
  • Reksa dana Saham.

Tiap- tiap kategori reksa dana mempunyai resiko yang berbanding lurus dengan penawaran keuntungan.

Untuk mulai memperoleh keuntungan dari reksa dana, Anda dapat memakai platform penyedia investasi. Alasannya, saat ini investasi reksa dana bisa dicoba secara online, misalnya melalui marketplace serta aplikasi yang menawarkan layanan tersebut.

Surat Berharga Negara

Surat berharga negara( SBN) ialah tempat investasi yang lagi tren di masa saat ini. Alasannya, investasi ini menawarkan batasan minimun sesuai dengan keahlian finansial investor. Tidak hanya itu, SBN dipastikan oleh pemerintah mulai dari pokok investasi sampai bunga yang didapatkan investor.

Terdapat 2 tipe SBN yang wajib Anda pahami, yakni surat utang negara( SUN) serta surat berharga syariah negara( SBSN). SUN dipecah jadi 2 macam, yaitu surat perbendaharaan negara( SPN) dan obligasi. Perbandingan SPN dan obligasi terletak pada jangka waktu investasinya.

SPN mempunyai jangka waktu 12 bulan dengan pembayaran bunga sistem diskonto. Sedangkan obligasi memiliki jangka waktu lebih dari 12 bulan memakai sistem pembayaran bunga secara diskonto.

Keunggulan SUN sendiri yaitu mempunyai resiko kecil buat gagal bayar kala jatuh tempo ataupun pembayaran nilai pokok investasi. Hal itu sebab pemerintah sudah menganggarkan kupon dalam daftar APBN. Makanya tidak rugi mencoba Investasi Online Modal 100 Ribu melalui SBN.

Uang Asing

Investasi Online Modal 100 Ribu
Investasi Online Modal 100 Ribu

Investasi Online Modal 100 Ribu berikutnya dapat Anda lakukan melalui uang asing. Uang asing memiliki prospek menjanjikan buat tingkatkan pemasukan pasif tiap bulan. Anda dapat memilih tipe mata asing semacam pound sterling, euro, serta dolar. Ketiga mata uang ini nilai cenderung naik sehingga keuntungannya lebih normal.

See also  Modal Usaha Liang Teh, Peluang Usaha Mulai 2 Jutaan!

Tetapi, Anda wajib memerhatikan beberapa hal saat sebelum menabung uang asing. mula- mula, pastikan mempunyai tempat penyimpanan uang yang pas. Bila di rumah tidak dapat menyimpannya, pakai jasa perbankan. Umumnya, perbankan menawarkan tipe tabungan valuta asing buat nasabahnya.

Bila Anda mau menjual mata uang asing tersebut, pastikan nilainya tengah naik. Kebalikannya, untuk membeli mata uang, jalani kala nilainya turun. Tidak hanya itu, Anda wajib memilih mata uang yang nilai tukarnya kokoh serta digunakan oleh banyak negara. Jangan lupa, terapkan pembelian secara berkala supaya keuntungan investasinya bertambah.

P2P Lending

P2P Lending ialah salah satu alternatif investasi terkini yang lumayan terjangkau untuk masyarakat. Metode investasi di P2P Lending hamper sama dengan crowdfunding Indonesia yaitu dilakukan dalam wujud pemberian pinjaman kepada pihak lain yang umumnya berbentuk Usaha Mikro, Kecil, serta Menengah( UMKM).

Sebagai imbal hasilnya, pemberi pinjaman ataupun umum disebut juga lender berhak memperoleh bunga pinjaman. Alternatif investasi ini lumayan gampang dimengerti sebab memakai konsep yang telah diketahui oleh masyarakat, yakni pinjam- meminjam uang.

Mengawalinya juga dapat dengan Investasi Online Modal 100 Ribu saja. Siapa pun serta dimana pun, tiap orang bisa memulai alternatif investasi ini. Sebab rendahnya bayaran memulai, alternatif investasi ini juga dapat sebagai fasilitas diversifikasi investor yang telah berpengalaman.

Tetapi, Anda wajib hati- hati dalam memilih platform P2P Lending. Alasannya, tidak seluruh platform mempunyai izin OJK. Buat mengecek kredibilitasnya, Anda dapat coba mengakses catatan penyedia P2P Lending lewat web formal OJK.

Equity Crowdfunding

Investasi Online Modal 100 Ribu

Rekomendasi Investasi Online Modal 100 Ribu yang terakhir adalah Equity Crowdfunding. Walaupun tidak tren semacam investasi saham, equity crowdfunding menjanjikan pemasukan pasif yang lumayan besar kepada investor. Anda dapat mulai investasi modal 100 ribu di platform equity crowdfunding. Nantinya, pihak equity crowdfunding mengelola dana dari Anda serta sebagian investor lain buat mendanai sesuatu bisnis.

Terdapat 4 kategori equity crowdfunding di Indonesia, yakni donation, reward, debt, serta equity based. Berikut ini uraian kategori equity crowdfunding.

Donation based

Apabila ikut donation based, Anda tidak memperoleh imbal hasil dari proyek yang dikelola pihak equity crowdfunding. Alasannya, dana tersebut digunakan buat proyek nonprofit, semacam pembangunan pesantren, rumah yatim, serta sekolah.

Reward based

Donatur yang memilih reward based hendak memperoleh imbalan berbentuk hadiah, benda, jasa, maupun hak. Umumnya, penerima reward based mengajukan proposal kepada investor. Sesudah disetujui, dana dari investor bakal diserahkan ke penerima.

Debat based

Konsep ini sama serupa pinjaman pada umumnya. Pada sesi awal, calon penerima pinjaman wajib mengajukan proposal. Nantinya, investor bakal memikirkan proposal serta menyetorkan modal sesuai dengan pengajuan dari calon debitur. Setelah itu, di akhir periode, investor memperoleh imbal hasil berupa bunga.

Equity based

Bila Anda pernah investasi saham, konsep ini tentu tidak asing lagi. Equity based menawarkan investasi yang imbal hasilnya berbentuk dividen dari perusahaan tempat menanamkan modal.

Akhir Kata

Demikian informasi terkait dengan 7 rekomendasi tempat Investasi Online Modal 100 Ribu yang aman dan menjanjikan. Selamat memilih dan tetap ingat bahwa semua jenis investasi pasti memiliki resiko dan keuntunga. Sebagai investor pemula, saran saya pintar-pintarlah dalam memilih investasi pertama Anda.

Referensi: https://www.traveloka.com/, https://umuntumedia.com/

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.