Modal Usaha Cuci Motor Hidrolik Ternyata hanya 15 Jutaan!

Posted on

Modal usaha cuci motor hidrolik – Jumlah kendaraan di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan situasi yang semakin padat di jalan raya kota-kota besar khususnya di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) dan salah satu kendaraan yang cukup banyak ditemui di jalan raya adalah motor.

Setiap kendaraan membutuhkan perawatan, begitu juga motor. Salah satu produk perawatan yang sangat diperlukan adalah cuci motor. Berdasarkan itu, Anda mungkin bisa mencoba salon cuci motor.

Karena banyaknya motor di Indonesia dan padatnya aktivitas pemiliknya, dapat dikatakan bahwa bisnis atau bisnis ini memiliki prospek yang baik, yang menjadikan tempat cuci motor sebagai salah satu tempat yang paling diminati di akhir pekan.

Bisnis cuci motor juga memiliki berbagai macam jenis antara lain cuci motor manual, cuci motor robotik dan cuci motor hidrolik. Dari ketiga jenis tersebut, cuci motor hidrolik mungkin yang paling diminati saat ini. Karena cuci motor dengan hidrolik sampai ke semua bagian motor yang tersembunyi.

Jika Anda tertarik dengan bisnis cuci motor jenis ini, Anda harus menganalisis dan mempertimbangkan detail biaya modal usaha cuci motor hidrolik yang dibutuhkan dan pengetahuan dasar tentang cara memulainya.

Modal Usaha Cuci Motor Hidrolik

modal usaha cuci motor hidrolik

Berapa modal buka usaha cuci motor? Untuk bisnis yang satu ini harus merogoh kocek lebih dalam karena harus membeli peralatan hidrolik yang harganya cukup mahal.

Namun jika anda tertarik dengan bisnis ini, anda bisa melakukannya dengan hanya membeli 1 alat hidrolik terlebih dahulu.

Setelah bisnis Anda berkembang, Anda dapat menambahkan alat dan tenaga sesuai dengan kebutuhan bisnis yang Anda jalani.

Berikut ini merupakan estimasi rincian modal usaha cuci motor hidrolik yang perlu Anda siapkan.

Modal Awal

No Perlengkapan Jumlah Biaya (Rp)
1 Hidrolik Motor M-Lift + Oli 2 Rp.10.000.000
2 Kompressor Udara 1 PK 1 Rp. 1.500.000
3 Power Spray Gun (2 HP) 1 Rp. 160.000
4 Tabung Snow 15 liter (stainless) 1 Rp. 800.000
5 Tyre Inflator 1 Rp. 200.000
6 Selang spiral 3 Rp. 300.000
7 Lap Kanebo/Chamois Super 4 Rp. 100.000
8 Lap Mikrofiber 4 Rp. 100.000
9 Semir Ban @ 1 liter 2 Rp. 90.000
10 Shampo Ice Cream 2 Rp. 80.000
11 Spons 4 Rp. 60.000
12 Promosi (Banner, Flyer, dll) 1 Rp. 250.000
Jumlah Rp.13.630.000
See also  Harga Jasa Pasang Kusen Aluminium Per Meter 2023

Biaya Operasional

Item Per hari Jml hari Total/bulan
Listrik Rp. 100.000 24 Rp.2.400.000
Shampoo Motor Rp.15.000 24 Rp. 360.000
Semir ban Rp. 20.000 24 Rp.480.000
Maintenance alat Rp. 50.000 24 Rp.1.200.000
Jumlah Biaya Operasional Rp.4.440.000

Estimasi pendapatan usaha cuci motor hidrolik

Jml order/hari jml orde/bln Biaya per motor Total
20 20×24=480 Rp.20.000 Rp.9.600.000

Perhitungan BEP:

Asumsi BEP = Total Modal / Pendapatan Netto Per Bulan
= Rp.13.630.000: (Rp.9.600.000 – Rp.4.440.000)
= Rp 13.630.000,00: Rp 5.160.000
= 2,6

Jadi, dalam jangka waktu 2,6 bulan BEP modal kamu sudah Kembali

Lumayan menjanjikan bukan? Modal 15 jutaan bisa Kembali dalam waktu 2-3 bulan saja. Namun ini baru sebatas asumsi saja, bisa saja dalam pelaksanaannya nanti butuh waktu lebih lama atau malah lebih sedikit lagi.

Kendala Usaha Cuci Motor

Bisnis ini tergantung pada cuaca. Jika cuaca sering hujan, maka kondisi ini menguntungkan dan ramai dengan konsumen yang mencuci motornya. Di sisi lain, saat musim kemarau tiba, warung ini terkadang sepi konsumen.

Selain itu anda perlu mendapatkan lokasi yang cukup besar dan strategis, karena jika tempat cuci motor anda kecil dan jauh dari jalan raya akan mempengaruhi jumlah motor yang datang dan tentunya penghasilan anda juga tidak akan maksimal.

Bisnis cuci motor sangat menjanjikan karena setiap tahun jumlah kendaraan di Indonesia semakin meningkat, selain itu negara kita juga memiliki 4 musim.

Jadi jika Anda ingin mengembangkan peluang bisnis baru, cuci motor bisa menjadi pilihan.

Alangkah baiknya jika Anda melakukan riset atau perhitungan sebelum mulai mendapatkan profit yang diinginkan.

Tips Sukses Bisnis Cuci Motor

modal usaha cuci motor hidrolik

Selain persiapan modal usaha cuci motor hidrolik yang terperinci, Anda juga perlu mempelajari bagaimana strategi dalam memulai usaha cuci motor hidrolik ini.

Berikut adalah beberapa strategi yang perlu Anda perhatikan:

  1. Pilih lokasi usaha yang strategis yang sering dilalui kendaraan bermotor dan dekat dengan jalan bebas hambatan.
  2. Temukan karyawan yang jujur dan lakukan pelatihan kebersihan.
  3. Gaji karyawan berdasarkan jumlah kendaraan yang dicuci.
  4. Memperkenalkan sistem dimana pelanggan yang telah mencuci motor berkali-kali dalam jangka waktu tertentu akan mendapatkan kupon bonus cuci gratis.
  5. Jangan pernah mengecewakan pelanggan, lakukan yang terbaik dan berikan pelayanan yang terbaik. Jika mereka bahagia, mereka lebih mungkin untuk memberi tahu orang lain.
  6. Tidak memungut biaya cuci motor yang lebih mahal dari tempat lain.
  7. Memberikan bonus kepada karyawan yang pandai melayani pelanggan.
  8. Memberikan harga yang kompetitif, tidak murah tapi tidak mahal. Pelayanan dan kualitas yang baik juga penting.
  9. Selalu evaluasi hasilnya.
See also  Distributor Bunga Plastik Import Harga Murah

Kelebihan dan kelemahan Usaha cuci motor

modal usaha cuci motor hidrolik

Setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya, sama seperti bisnis cuci motor hidrolik ini, ada juga unsur kelebihan dan kelemahannya, yang akan kita bahas agar pemilik bisnis memahami dan memahami kelebihan dan kekurangan dari bisnis ini.

Kelebihan usaha cuci motor

  • Banyak pelanggan
  • Tidak perlu tempat yang luas
  • Modal air dan alat semprot
  • Administrasi yang mudah
  • Banyak karyawan
  • Penghasilan Harian
  • Mudah

Manfaat di atas sangat nyata, mudah dikelola, penghasilan harian, dan karyawan juga mudah ditemukan. Banyak orang yang tertarik bekerja di tempat cuci motor karena bisa mendapatkan penghasilan setiap hari. Selain itu, tidak seperti perusahaan lain yang membutuhkan banyak modal, modalnya juga minim.

Kelemahan usaha cuci motor

  • Tidak ada pelanggan tetap
  • Sangat mudah untuk sepi
  • Pendapatan tidak stabil
  • Karyawan tidak merasa betah
  • Tidak cocok di daerah yang sulit air

Perlu diketahui kelemahan bisnis cuci motor hidrolik, karena rata-rata karyawan cuci mobil tidak betah dan sering berganti-ganti, meski banyak yang berminat.

Di musim panas, penghasilan turun karena orang jarang mencuci kendaraan, mereka tetap mengkilap. Dan usaha ini mudah ditinggalkan oleh pelanggan karena terdapat banyak saingan.

Selain itu, jika hasil cucian tidak bersih, pelanggan tidak akan kembali lagi. Di daerah gersang, Anda harus selalu memesan perbekalan melalui truk tangki air dengan menyediakan menara air yang besar agar kebutuhan air tidak terbatas.

Kesimpulan

Itulah informasi tentang modal usaha cuci motor hidrolik yang perlu dipikirkan sebelum benar-benar terjun. Jangan takut berbisnis karena banyak keuntungan yang tak terhingga dari berbisnis.

Apapun rintangan yang ada di depan, akan selalu ada, tetapi sikap terbaik adalah menghadapi masalah dan fokus untuk menemukan solusi terbaik untuk masalah tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi orang lain.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.