Modal Usaha Kopi Kulo Beserta Strateginya

Posted on

Modal Usaha Kopi Kulo – Franchise Kopi Kulo menawarkan peluang kolaborasi baru dengan potensi keuntungan yang sangat besar. Namun, jika dibandingkan Nama merk Pesaing, biaya Franchise Mereka lebih terjangkau.

Jadi apa bedanya? Franchise Apakah ini sangat populer? Kreativitas adalah kuncinya. Variasi kopi dan non-kopi yang berbeda membuat Kopi Kulun berbeda dan efektif dalam waktu singkat.

Untuk informasi lebih lanjut, tentang:

  • Berapa biaya kemitraan?
  • Estimasi keuntungan dan laba atas investasi.
  • Cara mendaftar menjadi mitra.
  • Syarat pendaftaran.
  • Dan informasi lainnya tentang Kopi Kulo.

Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Modal Usaha Kopi Kulo

Untuk memulai bisnis Kopi Kulo, Anda cukup menjadi partner mereka melalui program kemitraan yang ditawarkan oleh Franchise Kopi Kulo.

Modal Usaha Kopi Kulo

Rincian modal Franchise Kopi Kulo sebagaimana dilansir dari mitraloka.id dengan memilih paket standard dengan gambaran sebagai berikut:

  • Investasi sebesar Rp 185.000.000.
  • Minimum luas area 12 m² (3 m² ⨯ 4 m²)
  • Tanggung jawab operasional Auto-pilot (dikelola franchisor)
  • Jenis dan durasi lisensi Single unit · Gerai baru Durasi 3 tahun.

Dengan omzet bulanan diperkirakan sebesar 80 jutaan, modal usaha Kopi Kulo Anda akan kembali dengan estimasi waktu 8 bulan saja, menarik untuk dicoba kan?

Dengan memilih paket standard Anda akan mendapatkan beberapa dukungan sebagai berikut:

  • Lisensi penggunaan brand
  • Pelatihan karyawan
  • Konsep desain gerai
  • Pengadaan peralatan dasar
  • Pengadaan seragam kerja
  • SOP tata kelola toko harian
  • Software POS kasir
  • Media promosi (menu, banner, flyer)

Tahapan pendaftaran mitra Franchise Kopi Kulo

  1. Isi formulir kemitraan
  2. Verifikasi kesiapan modal
  3. Pemaparan profil bisnis lewat presentasi
  4. Bayar deposit biaya komitmen dan uang muka
  5. Pengajuan dan survei lokasi
  6. Tanda tangan MoU dan perjanjian kerjasama
  7. Lunasi sisa pembayaran
  8. Desain, renovasi dan konstruksi outlet
  9. Terima peralatan dan bahan mentah
  10. Rekrutmen dan pelatihan karyawan
  11. Peluncuran outlet

Apa saja syarat untuk menjadi Mitra Kulo Group?

Untuk menjadi bagian dari Kulo Group tidak diperlukan syarat khusus seperti harus memiliki pengalaman dibidang makanan dan minuman.

Ketika menjadi bagian dari Kulo Group, mitra harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap outlet yang akan dibuka dan juga brand Kulo Group, memiliki lokasi strategis untuk pembukaan outlet, memiliki antusiasme di bidang makanan dan minuman, dan terakhir ingin berkembang bersama dengan Kulo Group

Cara Daftar Kemitraan Franchise Kopi Kulo

Setelah mengetahui estimasi rincian modal usaha Kopi Kulo yang meseti dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran sebagai mitra.

Untuk menjadi mitra atau bagian dari Kulo Group, para calon mitra tidak wajib untuk memiliki pengalaman di bidang makanan dan minuman karena ketika pembukaan pertama outlet Kulo Group, Team Kulo Group akan memberikan pengawasan dari pusat dan juga setiap karyawan akan diberikan training sebelum outlet akan dibuka.

See also  6 Cara Mengatur Modal dan Keuntungan dalam Berbisnis

Diluar itu memiliki pengalaman di bidang Makanan dan minuman hanya akan menambah nilai tambah karena sudah lebih mengenal tentang tata caranya.

Adapun tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka pendaftaran online melalui situs KuloGroup ini.
  2. Isi beberapa data informasi pribadi berikut ini, Nama Lengkap, No.Telepon, Alamat Email, Kota, Lokasi
  3. Tempat Usaha, Brand yang diinginkan, Pertanyaan detail.
  4. Setelah semuanya terisi, silahkan klik Kirim.

Manajemen akan menghubungi Anda secara pribadi untuk informasi lebih lanjut.

Calon mitra juga bisa mengirimkan email ke [email protected]. dengan memberikan informasi terkait nama, nomor telepon yang bisa dihubungi, rencana lokasi outlet, menyertakan foto lokasi serta luas lokasi outlet.

Sekilas Kopi Kulo

Kedai Kopi Kulo merupakan perjalanan pertama dari KULO Group sampai akhirnya terciptalah beberapa brand makanan dan minuman lain di bawah naungan KULO Group. Kedai Kopi Kulo adalah titik perubahan dari “Coffee-to-go” di dalam Market Indonesia.

Sebagai pelopor yang mempopulerkan menu Avocatto, kini Kedai Kopi Kulo berhasil menciptakan berbagai varian minuman dari produk kopi sampai non-kopi. Kedai Kopi Kulo menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Dengan biji kopi lokal dari Indonesia, Kopi Kulo menghadirkan minuman Kopi dan non Kopi yang dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Hingga saat ini, Kopi Kulo tercatat telah memiliki lebih dari 300 cabang di berbagai daerah di Indonesia.

Menu Kopi Kulo

Beberapa jenis menu yang menjadi best seller andalan Kopi Kulo yaitu:

  • Avocatto Vanilla
  • Es Hojicha
  • Es Purin Cokelat
  • Es Kopi Berry
  • Es Hojicha Keju

Selengkapnya dapat Anda lihat pada flyer berikut ini.

Modal Usaha Kopi Kulo

Kelebihan Usaha Kopi Kulo

Franchise Kopi Kulo dapat eksis dan berkembang diantara bisnis minuman kopi lainnya tentu karena memiliki beberapa kelebihan khusus. Simak kelebihan yang dimiliki oleh usaha Kopi Kulo.

Memiliki konsep yang unik

Kedai Kopi Kulo memiliki konsep unik yaitu Take and Go. Konsep ini banyak digunakan oleh sejumlah restoran, khususnya restoran cepat saji. Namun untuk sebuah kafe, konsep ini baru pertama kali. Terdapat dua jendela besar di masing-masing bagian depan kedai kopi Kulo, menandakan bahwa konsep yang diusung oleh kedai kopi Kulo adalah take and go.

Anda memesan kopi di jendela pertama dan kemudian Anda mendapatkan kopi di jendela kedua. Dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan kopi sehingga dapat menjadi teman perjalanan Anda.

Memiliki menu yang unik

Menu yang ditawarkan Kedai Kopi Kulo juga cukup unik. Berikut adalah beberapa pilihan menu saat ini

  • Avocatto Choco
  • Avocatto Vanilla
  • Cofenade
  • Cookies n Cream
  • Es Kopi Kulo
  • Es Kopi Keju
  • Es Kopi Baileys
  • Es Kopi Item
  • Es Coklat
  • Es Coklat Keju
  • Es Matcha Keju
  • Es Matcha Latte

Wah, unik kan menunya? Rata-rata kopi yang digunakan di kedai ini adalah perpaduan antara kopi Robustra dan Arabica.

Harga yang terjangkau

Minat masyarakat terhadap kopi Kulo memang cukup besar, hampir semua kedai selalu ramai pengunjung, tidak hanya anak muda, tapi dari semua kalangan. Hal ini tidak mengherankan memang karena harga yang ditawarkan oleh Kedai Kopi Kulo memang sangat terjangkau.

See also  Gaji Lulusan Manajemen di Indonesia Berapa Sih?

Harganya mulai dari Rp 12.000 – Rp 27.000, sebanding dengan modal usaha kopi kulo itu sendiri. Selain karena rasa kopinya yang enak, banyak orang menjadikan kopi kulo sebagai minuman favorit mereka.

Kekurangan Usaha Kopi Kulo

Sabagai salah satu jenis usaha kedai kopi Franchise, usaha Kopi Kulo juga memiliki beberapa kelemahan seperti kedai kopi franchise lainnya.

Terikat oleh pemilik Franchise

Karena jika kita membeli produk dengan sistem franchise, maka sistem di dalamnya otomatis mengikuti SOP yang ada.

Ada Bagi Hasil

Ini karena kita mendapatkan hak untuk menjual dari pemilik bisnis setelah mendapatkan persetujuan untuk meningkatkan keuntungan bisnis.

Satu-satunya pemasok bahan baku

Kami tidak dapat memilih pemasok lain karena ini termasuk dalam peraturan yang disepakati.

Reputasi Bisnis Mudah Terpengaruh

Harus bisa menjunjung tinggi nama baik brand agar tidak menyulitkan outlet lain. Pabila salah satu outlet mendapat reputasi buruk akan berimbas ke semua outlet.

Strategi Usaha Kopi Kulo

Mendapatkan prestasi mentereng seperti saat ini tentunya tidak mudah, berikut ini adalah strategi bisnis Kopi Kulo yang bisa Anda manfaatkan.

Buat konsep bisnis yang matang

Kiat pertama untuk sukses bisnis adalah Anda perlu membuat konsep yang matang. Terutama konsep dalam modal usaha kopi kulo.

Karena konsep yang matang sangat membantu Anda untuk mendefinisikan bisnis Anda dan juga dapat membedakan kedai kopi Anda dengan yang lain (pesaing).

Modal Usaha Kopi Kulo

Bagaimana Anda tahu semua itu? Kunci sukses adalah melakukan riset terlebih dahulu.

Belajar terus menerus

Apa yang perlu dipertimbangkan oleh beberapa pebisnis jika mereka ingin sukses dalam bisnis adalah belajar.

Sebagai pemilik, kita bisa belajar dari pengalaman para pebisnis berpengalaman yang sudah sukses.

Selain itu, menjalankan bisnis tidak mudah dan proses pembelajaran juga diperlukan seiring berjalannya bisnis.

Gunakan strategi “jemput bola”

Saat saya baru memulai bisnis kedai kopi, ternyata penjualan kedai kopi Kulo sendiri jauh di bawah ekspektasi para pendiri kedai kopi ini.

Karena saat toko pertama dibuka, hanya terjual 10 hingga 20 gelas sehari.

Dari situ, pemilik kedai kopi akhirnya mencoba menerapkan strategi pemasaran lebih gencar dengan mempromosikannya ke berbagai pihak.

Mulai dari teman keluarga, teman kantor, termasuk aksi online melalui media sosial.

Nah, strategi “jemput bola” ini terbukti berhasil, menghasilkan pesanan hingga 300 cangkir untuk memenuhi permintaan.

Pembentukan sistem kemitraan

Ketika potensi bisnis kedai Kulo semakin besar dan banyak teman dekat pemilik kopi Kulo tertarik untuk menjalankan kedai kopi ini dan meminta sistem kemitraan.

Akhirnya, setelah 3 sampai 4 bulan, sistem kemitraan terjalin, terutama karena ada layanan pengiriman pada saat penjualan kopi semakin populer.

Nilai investasi pembukaan franchise kopi Kulo sendiri dimulai dari modal usaha kopi kulo 135 juta rupiah sehingga peminatnya banyak.

Ini adalah salah satu tips sukses untuk memulai bisnis kopi.

Menjaga Kualitas Franchise

Setelah menjalin kemitraan, kiat sukses kedai kopi Kulo adalah menjaga kualitas di setiap waralaba.

Salah satu cara yang diterapkan adalah dengan melakukan pengawasan ketat terhadap seluruh mitra.

Tujuannya agar cita rasa menu makanan dan minuman sesuai dengan standar yang ada.

Kesimpulan

Demikian informasi terkait dengan peluang dan berapa modal usaha kopi kulo yang perlu Anda persiapkan dalam menjadi mitra Kulogroup. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Referensi:

https://kulogroup.com/kedaikopikulo/
https://mitraloka.id/franchise/kedaikopikulo

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.