Modal Usaha Es Buah Aquarium, Begini Rinciannya!

Posted on

Modal Usaha Es Buah Aquarium – Indonesia dikenal menyukai produk-produk yang berbau kekinian. Ini bisa menjadi peluang bisnis terbaik. Salah satunya adalah toko es buahaquarium ini.

Biasanya es buah yang disajikan terlebih dahulu diletakkan di tempat yang menyerupai aquarium. Wadahnya bening sehingga pembeli bisa memilih jenis es buah yang ingin dibeli.

Usaha es buah aquarium ini sangat direkomendasikan, terutama saat cuaca panas. Juga tidak sedikit orang yang menyukai es buah.

Selain rasanya yang lezat, kandungan buahnya juga dikenal menyehatkan tubuh. Sekaligus, fakta ini dapat membuktikan apakah bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar.

Modal Usaha Es Buah Aquarium

Memulai usaha es buah aquarium setidaknya dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan modal sendiri dan yang kedua dengan cara ikut sistem franchise.

modal usaha es buah aquarium
modal usaha es buah aquarium

Berikut ini adalah rincian Modal Usaha Es Buah Aquarium yang perlu Anda siapkan jika ingin memulai dengan modal sendiri.

Modal Awal

Pertama-tama tentunya tentang berapa modal awal yang harus disediakan. Modal awal ini sudah termasuk yang harus disediakan bagi yang berminat memulai bisnis es buah aquarium. Modal awal ini digunakan untuk membeli beberapa kebutuhan pokok atau peralatan untuk dijual, seperti:

  • Meja lapak = Rp. 600.000,-
  • Aquarium, untuk tempat minuman es 5 buah @150.000 = Rp. 750.000,-
  • Spanduk 2 meter @Rp. 25.000,- = Rp. 50.000,-
  • Kursi 5 pcs @Rp. 40.000=Rp. 200.000
  • Payung supaya pembeli lebih nyaman = Rp. 200.000,-

Jumlah total modal awal untuk peralatan usaha es buah aquarium sebesar Rp. 1.800.000,-

Biaya Tetap

Biaya tetap biasanya dikaitkan dengan biaya tetap bulanan. Dalam usaha es buah aquarium ini, biaya tetap yang digunakan adalah biaya personil dan sewa bulanan. Estimasi saja sewa tempat per bulan Rp 500.000 dan gaji pegawai per bulan Rp 1.800.000. Jumlah semua biaya tetap adalah sekitar Rp 2.300,000.00

Biaya Lain-lain

Selain modal awal dan biaya tetap, pikirkan juga biaya lainnya. Biaya lainnya di toko es buah aquarium ini rata-rata untuk kebutuhan bahan baku es. Jadi perkiraan biaya lainnya adalah:

  • Bahan baku (buah, sirup, dan lainnya) = Rp. 3.000.000,-
  • Susu kental manis 400 kaleng @Rp11.000,- = Rp. 440.000
  • Gula 20 kg @Rp. 12.000,-= Rp. 240.000,-
  • Air Galon isi ulang 50 liter @4000=Rp. 200.000,-
  • Cup 180 pcs @Rp. 15.000=Rp. 2.700.000,-
  • Es batu untuk 30 hari @Rp. 50.000= Rp. 1.500.000,-

Jadi total biaya lain-lain untuk 1 bulan sekitar Rp. 8.080.000,-

Dengan demikian estimasi total modal usaha es buah aquarium yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Modal Awal: Rp. 1.800.000,-
  • Modal Tetap: Rp. 2.300.000,-
  • Biaya Lain-lain: Rp. 8.080.000,-
  • Jumlah: Rp. 12.180.000,-

Modal Usaha Franchise Es Buah Aquarium

Sebaliknya jika Anda ingin bergabung menjadi mitra Franchise es buah aquarium, maka Anda hanya perlu mempersiapkan modal sesuai dengan aturan perusahaan.

See also  Modal Usaha Liang Teh, Peluang Usaha Mulai 2 Jutaan!

Seperti namanya, Franchise es buah ini adalah perusahaan yang dimiliki oleh orang yang berbeda dengan merek terkenal. Ini membuatnya terlihat seperti terlihat besar.

Seperti franchise lain yang sudah memiliki nama seperti KFC, Burger King, Pizza Hut, Ngikan dan merek lainnya.

Tentu saja, saat mendaftarkan Franchise semacam itu, Anda tidak perlu khawatir dengan detail biaya modal kerja. Mendaftar Franchise juga berarti membeli hak atas sistem bisnis, metode pemasaran, dan lainnya. Hal ini tentunya akan memudahkan pembeli franchise dalam segala hal.

FYI: Untuk mendaftar franchise es buah aquarium diperlukan modal awal Rp. 15.000.000,00.

Dengan biaya ini, pembeli bisa mendapatkan banyak peralatan untuk memulai bisnis. Misalnya gerobak, tangki ikan, bekas cangkir, spanduk dan lain-lain lengkap.

Jadi pembeli bisa langsung memulai bisnis tanpa harus menunggu lebih lama lagi. Cukup pasarkan secara praktis. Agar pemasaran bisa maksimal, tidak ada salahnya untuk menjalankan promosi melalui media sosial apa pun yang Anda miliki.

modal usaha es buah aquarium

Keuntungan Jual Franchise Es Buah Aquarium

Tentu saja ada sejumlah keuntungan menjual es buah aquarium secara Franchise. Keuntungan menjual es buah dengan sistem franchise antara lain:

  • Modal utama atau investasinya tentu jauh lebih murah daripada menjual es buahsendiri.
  • Franchise es buah seperti ini juga sangat bagus untuk menghasilkan banyak keuntungan.
  • Produk es buah sangat unik dan memiliki rasa yang lezat. Alhasil, es buah aquarium memiliki banyak penggemar di kalangan masyarakat umum.
  • Produknya sangat mudah dibuat. Bahkan mereka yang belum pernah membuat es buah semua bisa belajar cara membuatnya. Dijamin bebas masalah.
  • Harga jualnya pun sangat murah, sehingga banyak konsumen yang tertarik untuk membeli lagi dan lagi.

Kelemahan Menjual Es buah Aquarium Franchise

Meskipun ada banyak keuntungan dalam menjual es buah menggunakan sistem seperti itu, tidak menutup kemungkinan kerugian yang akan terjadi. Hanya saja kerugian atau nilai minus dalam menjual es buah tidak terlalu besar.

Bahkan bisa dikatakan hanya ada satu kekurangan untuk menjual es buah seperti ini. Mungkin itu bukan kerugian, hanya saran. Dibutuhkan banyak kesabaran saat menjual es buah ini, karena persaingannya tentu tidak sedikit.

Syarat Memulai Usaha Franchise Es Buah Aquarium

Persyaratan untuk memulai bisnis es buah aquarium sebenarnya sangat sederhana. Bahkan bisa dikatakan selain modal usaha es buah aquarium, tidak ada persyaratan khusus untuk memulainya.

Bisnis ini tidak terbatas pada siapa saja yang ingin memulai. Tentunya sangat sederhana dan praktis.

Es buah aquarium dijual di pinggir jalan sesuai dengan konsep kuliner jalanan.

Pastikan Anda sudah memiliki lokasi penjualan yang strategis dan aman. Kriteria lokasi penjualan yang dipilih harus berada di pusat lalu lintas penumpang.

Misalnya, poros jalan, area pasar, area perumahan, pom bensin, mini market dan sebagainya.

Itu saja sudah cukup untuk memulai bisnis ini. Tidak ada persyaratan khusus lainnya yang diperlukan untuk memulai bisnis es buah aquarium.

Apa Itu Franchise Es Buah Aquarium?

Minuman dingin seperti es krim tentu sangat digemari banyak orang. Minum es di sore hari pasti akan terasa sangat menyegarkan.

See also  Modal Usaha Rice Bowl, Peluang Bisnis Menjanjikan 2023!

Apalagi jika Anda minum es buah. Hal inilah yang membuat banyak orang menekuni bisnis es buah. Salah satunya adalah es buah aquarium.

Tentu semua orang sudah sangat familiar dengan jenis bisnis yang satu ini. Bahkan saat ini usaha es buah ini sudah ada dalam bentuk franchise, sehingga sulit bagi siapapun untuk memulai usaha es buah seperti itu.

Tidak seperti menjual es buah pada umumnya melalui mangkuk, es buah aquarium sebenarnya menyajikan es buah langsung di aquarium seperti halnya ikan.

Jadi ketika konsumen ingin membelinya, tinggal menyendokkannya ke dalam aquarium.

Dengan konsep jual es buah ini, konsumen bisa memilih jenis buah apa yang ingin dibeli.

Ide bisnis jualan yang juga mengusung konsep street food ini tentunya memiliki jangkauan pasar yang luas.

Apa yang ada di Es Buah Aquarium?

Apa yang ada di dalam es buah aquarium ini? Tentu saja merupakan minuman ringan dengan banyak pilihan buah-buahan.

Berbagai jenis buah yang biasa dijual sebagai es buah aquarium antara lain melon, strawberry, alpukat, apel, buah naga, leci, dan lain-lain.

Selain buah-buahan, gula, susu dan agar-agar bubuk diperlukan sebagai bahan dasar pembuatan es buah aquarium.

Perpaduan buah dan bahannya tentu mampu menciptakan minuman yang segar dan nikmat, cocok diminum dalam berbagai kondisi. Apalagi saat panas.

Es buah aquarium juga sangat cocok untuk menikmati berbagai jajanan lainnya. Tentu saja, para pecinta kuliner jalanan tidak boleh melewatkan kesegaran es buah di aquarium.

Nah, karena itulah banyak yang ingin memulai bisnis es buah aquarium.

Tips Bisnis Es Buah Aquarium

modal usaha es buah aquarium

Tentu saja selain modal usaha es buah aquarium, sukses dalam bisnis membutuhkan ketelitian dan kejelian dalam membaca peluang. Salah satunya adalah peluang franchise es buah seperti ini. Tidak bisa dipungkiri juga bahwa bisnis es buah aquarium memang sedang naik daun belakangan ini. Misalnya jual beli di bulan terakhir puasa.

Tampaknya setiap orang dapat dengan mudah menemukan es buah aquarium. Bahkan, semuanya seolah laris manis dan diburu masyarakat sebagai menu buka puasa.

Bahkan setelah bulan puasa, es buah aquarium masih bisa mempertahankan tempatnya sendiri di hati para penggemar minuman dingin. Saat cuaca panas, membeli es buah adalah solusi terbaik untuk menghilangkan dahaga.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa usaha franchise es buah aquarium dapat terus berlanjut dan peluangnya terbuka lebar untuk mendapatkan banyak keuntungan. Bahkan mempromosikannya tidak sulit.

Karena konsepnya adalah street food, memilih lokasi yang tepat adalah kunci suksesnya. Untuk memaksimalkannya, penjual mungkin dapat menggunakan media sosial mereka untuk menjalankan promosi tambahan.

Franchise es buah aquarium tentu bisa menjadi bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan yang cemerlang.
Untuk lebih mengoptimalkan keuntungan, sebaiknya pilih lokasi penjualan yang strategis dan tambahkan promosi online. Menariknya, ide bisnis ini juga bisa diwujudkan dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi terkait dengan modal usaha es buah aquarium. Besarnya modal usaha yang dikeluarkan oleh setiap orang mungkin berbeda-beda. Itu semua tergantung pada kebutuhan dan harga pemasok. Semoga dengan artikel ini Anda sudah memiliki gambaran berapa modal yang akan Anda keluarkan dalam usah es buah aquarium.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.