Contoh Informal Invitation Letter Bahasa Inggris

Posted on

Contoh Informal Invitation Letter – Mengundang teman atau keluarga dalam acara informal seperti pesta ulang tahun, arisan, atau gathering adalah hal yang biasa dilakukan. Namun, bagaimana jika tamu undangan yang ingin diundang adalah orang asing atau orang yang tidak fasih berbahasa Indonesia? Maka, cara terbaiknya adalah membuat undangan dalam Bahasa Inggris.

Di sini, kami akan memberikan contoh informal invitation letter Bahasa Inggris beserta tips untuk membuatnya. Dengan adanya contoh ini, Anda dapat dengan mudah membuat invitation letter dalam Bahasa Inggris dan mengundang tamu undangan dari berbagai latar belakang budaya dan bahasa.

Contoh Informal Invitation Letter Bahasa Inggris

Contoh Informal Invitation Letter

Contoh informal Invitation letter party

Dear [Nama],

You are cordially invited to [acara]. The event will be held on [tanggal] at [waktu] at [lokasi]. We are looking forward to having you with us.

Please kindly RSVP by [tanggal]. You can contact us at [kontak] or email us at [email].

Sincerely,

[Your name]

Contoh informal invitation letter birthday party

Dear [Name],

I hope this letter finds you in good health and spirits. I am writing to invite you to celebrate my [age] birthday with me. The party will be held on [date] at [time] at my home located at [address].

I am very excited to share this special occasion with you and our mutual friends. The theme of the party is [theme], and we will have music, food, and drinks to enjoy throughout the evening. It will be an informal gathering where we can catch up, reminisce, and create new memories together.

Please let me know if you will be able to attend the party, and if you have any dietary restrictions or preferences. Also, feel free to bring along any guests you would like to accompany you.

I am looking forward to celebrating my birthday with you and having a wonderful time. Thank you for considering my invitation.

Warm regards,
[Your Name]

Terjemahan

Kepada yang terhormat [Nama],

Saya harap surat ini menemukan Anda dalam keadaan sehat dan bersemangat. Saya menulis surat ini untuk mengundang Anda untuk merayakan ulang tahun saya yang ke [usia] bersama saya. Pesta akan diadakan pada tanggal [tanggal] pukul [waktu] di rumah saya yang terletak di [alamat].

Saya sangat bersemangat untuk berbagi acara spesial ini dengan Anda dan teman-teman kita. Tema pesta adalah [tema], dan kita akan memiliki musik, makanan, dan minuman untuk dinikmati sepanjang malam. Ini akan menjadi pertemuan informal di mana kita dapat bertemu, bernostalgia, dan menciptakan kenangan baru bersama.

Mohon beritahu saya jika Anda dapat menghadiri pesta tersebut, dan jika Anda memiliki pantangan makanan atau preferensi. Selain itu, jangan ragu untuk mengajak tamu yang ingin menemani Anda.

Saya sangat menantikan untuk merayakan ulang tahun saya bersama Anda dan bersenang-senang. Terima kasih telah mempertimbangkan undangan saya.

Salam hangat,

[Nama Anda]

Contoh informal invitation letter for meeting

Dear [Name],

I hope this letter finds you well. I am writing to invite you to a meeting that I have scheduled for [date] at [time] at [location].

The purpose of this meeting is to discuss [topic]. I believe that your presence will be invaluable in helping us to achieve our goals for this project. Your expertise and input will be greatly appreciated, and I am confident that your insights will be extremely valuable to the success of this meeting.

See also  Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

The format of the meeting will be informal, but focused. We will have a brief agenda that we will follow, and there will be ample opportunity for discussion and questions. Refreshments will be served.

Please let me know if you will be able to attend the meeting, and if there are any specific topics that you would like to address or discuss. If you are unable to attend, please let me know and I will arrange to share the minutes of the meeting with you.

Thank you for considering my invitation, and I hope to see you at the meeting.

Sincerely,

[Your Name]

Terjemahan

Kepada Yth. [Nama],

Saya harap surat ini sampai kepada Anda dengan baik. Saya menulis surat ini untuk mengundang Anda ke sebuah pertemuan yang telah saya jadwalkan pada tanggal [tanggal] pada [waktu] di [lokasi].

Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk mendiskusikan [topik]. Saya percaya bahwa kehadiran Anda akan sangat berharga dalam membantu kami mencapai tujuan proyek ini. Keahlian dan masukan Anda akan sangat kami hargai, dan saya yakin bahwa wawasan Anda akan sangat berharga bagi keberhasilan pertemuan ini.

Format pertemuan ini akan bersifat informal, namun terfokus. Kita akan memiliki agenda singkat yang akan kita ikuti, dan akan ada banyak kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya. Makanan dan minuman akan disediakan.

Mohon informasikan kepada saya jika Anda dapat menghadiri pertemuan tersebut, dan jika ada topik khusus yang ingin Anda bahas atau diskusikan. Jika Anda tidak dapat hadir, mohon beritahu saya dan saya akan mengatur untuk membagikan notulen rapat kepada Anda.

Terima kasih telah mempertimbangkan undangan saya, dan saya berharap dapat bertemu dengan Anda pada pertemuan tersebut.

Hormat kami,

[Nama Anda]

Contoh informal invitation letter dinner party

Dear [Name],

I hope this letter finds you in good health and spirits. I am writing to invite you to a dinner party that I will be hosting at my home on [date] at [time]. The party will be held at [address].

The occasion for this dinner party is to celebrate [occasion], and I would be honored if you could join me in this celebration. It will be an opportunity for us to catch up and spend some quality time together. The dress code is smart casual, and I promise that it will be an enjoyable evening filled with good food, wine, and conversation.

I am planning to serve a [type of cuisine] meal that I hope you will enjoy. If you have any dietary restrictions or preferences, please let me know so that I can make the necessary arrangements.

Please let me know if you will be able to attend the dinner party, and if you will be bringing any guests along with you. It would be helpful for me to know the number of attendees in advance, so that I can plan the seating arrangements and the menu accordingly.

I am looking forward to spending a wonderful evening with you, and I hope that you will be able to make it. Thank you for considering my invitation.

Warm regards,

[Your Name]

Terjemahan

Yang terhormat [Nama],

Saya harap surat ini menemukan Anda dalam keadaan sehat dan bersemangat. Saya menulis surat ini untuk mengundang Anda ke pesta makan malam yang akan saya selenggarakan di rumah saya pada tanggal [tanggal] pukul [waktu]. Pesta akan diadakan di [alamat].

Acara makan malam ini diadakan untuk merayakan [acara], dan saya akan merasa terhormat jika Anda dapat bergabung dengan saya dalam perayaan ini. Ini akan menjadi kesempatan bagi kita untuk bertemu dan menghabiskan waktu bersama. Kode berpakaiannya adalah smart casual, dan saya berjanji bahwa ini akan menjadi malam yang menyenangkan yang dipenuhi dengan makanan, anggur, dan percakapan yang baik.

Saya berencana untuk menyajikan makanan [jenis masakan] yang saya harap Anda akan menikmatinya. Jika Anda memiliki pantangan atau preferensi makanan, mohon beritahu saya agar saya dapat membuat pengaturan yang diperlukan.

Mohon beritahu saya jika Anda dapat menghadiri pesta makan malam tersebut, dan jika Anda akan membawa tamu. Akan sangat membantu bagi saya untuk mengetahui jumlah tamu yang hadir terlebih dahulu, sehingga saya dapat merencanakan pengaturan tempat duduk dan menu yang sesuai.

See also  30 Contoh Soal Label Makanan dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Kunci Jawaban

Saya sangat menantikan untuk menghabiskan malam yang indah bersama Anda, dan saya harap Anda dapat menghadirinya. Terima kasih telah mempertimbangkan undangan saya.

Salam hangat,

[Nama Anda]

Contoh di atas merupakan invitation letter yang bersifat informal. Gunakan gaya bahasa yang ramah dan santai untuk menunjukkan bahwa undangan ini tidak terlalu formal.

Tips Membuat Invitation Letter Bahasa Inggris

Tentukan format yang akan digunakan

Sebelum membuat invitation letter, tentukan terlebih dahulu format yang akan digunakan. Apakah invitation letter yang dibuat akan bersifat formal atau informal? Hal ini akan mempengaruhi bahasa dan tata bahasa yang digunakan.

Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Pastikan bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh penerima undangan. Gunakan kosakata yang sederhana dan jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal.

Gunakan kalimat yang jelas dan singkat

Sesuaikan panjang kalimat dengan tujuan dari invitation letter. Gunakan kalimat yang jelas dan singkat untuk memudahkan penerima undangan memahami isi dari undangan.

Jangan lupa untuk mencantumkan informasi penting

Mencantumkan informasi penting seperti tanggal, waktu, dan lokasi acara sangatlah penting. Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan nomor kontak atau alamat email yang dapat dihubungi jika tamu undangan ingin bertanya lebih lanjut.

Sertakan kalimat penutup yang sopan

Sertakan kalimat penutup yang sopan seperti “Sincerely” atau “Best regards” diikuti dengan nama dan tanda tangan pengirim undangan.

Struktur Invitation Letter Bahasa Inggris

Contoh Informal Invitation Letter
Struktur dan Contoh Informal Invitation Letter

Salutation

Mulai invitation letter dengan salam pembuka seperti “Dear” atau “Hello”.

Introduksi

Pada bagian ini, sampaikan maksud dan tujuan undangan. Jelaskan jenis acara yang akan diadakan serta tanggal, waktu, dan lokasi acara.

Detail acara

Setelah memperkenalkan acara, berikan detail lebih lanjut tentang acara tersebut. Jelaskan tema acara, aktivitas yang akan dilakukan, makanan dan minuman yang disajikan, dan hal-hal lain yang relevan dengan acara.

Informasi tambahan

Berikan informasi tambahan seperti dress code, alat transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke tempat acara, atau instruksi khusus lainnya yang perlu diketahui oleh tamu undangan.

Permintaan konfirmasi kehadiran

Sertakan permintaan konfirmasi kehadiran agar pengirim undangan dapat mengetahui jumlah tamu yang akan hadir. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal batas konfirmasi dan nomor kontak atau alamat email yang dapat dihubungi.

Kalimat penutup

Sebelum menandatangani undangan, sertakan kalimat penutup yang sopan dan ramah. Gunakan frase seperti “Looking forward to seeing you” atau “We hope to see you soon”.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Invitation Letter Bahasa Inggris

  • Perhatikan tata bahasa
    Pastikan tata bahasa dan ejaan yang digunakan sudah benar dan tidak mengandung kesalahan.
  • Hindari penggunaan bahasa slang
    Meskipun invitation letter bersifat informal, hindari penggunaan bahasa slang yang tidak baku.
  • Sesuaikan gaya bahasa dengan acara
    Pilih gaya bahasa yang sesuai dengan jenis acara yang akan diadakan. Jangan terlalu formal untuk acara yang bersifat santai dan informal.
  • Periksa kembali informasi yang diberikan
    Pastikan informasi yang diberikan dalam invitation letter sudah benar dan lengkap. Hindari kesalahan dalam mencantumkan tanggal, waktu, dan lokasi acara.

Kesimpulan

Membuat invitation letter Bahasa Inggris tidaklah sulit. Dengan memperhatikan tips dan contoh yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat dengan mudah membuat invitation letter yang baik dan benar. Jangan lupa untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang digunakan agar undangan terlihat lebih profesional dan terhindar dari kesalahan yang tidak diinginkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam membuat contoh informal invitation letter Bahasa Inggris yang baik dan benar.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa beda invitation letter formal dan informal?

Invitation letter formal biasanya digunakan untuk undangan yang bersifat resmi seperti konferensi, seminar, atau pernikahan. Invitation letter informal biasanya digunakan untuk undangan yang bersifat santai seperti pesta ulang tahun, gathering, atau arisan.

Apa saja yang harus dicantumkan dalam invitation letter Bahasa Inggris?

Dalam invitation letter Bahasa Inggris, harus dicantumkan informasi mengenai acara seperti tanggal, waktu, dan lokasi acara. Selain itu, juga perlu mencantumkan permintaan konfirmasi kehadiran dan informasi tambahan seperti dress code atau alat transportasi yang dapat digunakan untuk sampai ke tempat acara.

Apa yang dimaksud undangan informal?

Surat undangan tidak resmi adalah surat undangan yang berfungsi untuk mengundang teman, kekasih, keluarga untuk hadir atau datang ke acara yang sifatnya santai.

Contoh informal invitation apa saja?

Contoh informal invitation letter adalah undangan pesta ulang tahun teman, undangan makan malam dan beberapa undangan tidak resmi lainnya.

Apa perbedaan invitation letter dan invitation card?

Invitation letter biasanya lebih panjang dan pake basa-basi dulu, dan biasanya resmi. kalo invitation card to the point, misalnya ‘I held a party tomorrow at my place. you’re invited’.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.