Modal Usaha Dekorasi Lamaran Terbaru 2022

Posted on

Modal usaha dekorasi lamaran – Acara lamaran merupakan salah satu tahapan prosesi yang dijalankan oleh pasangan yang ingin menikah. Acara lamaran dilaksanakan menjelang pernikahan dengan mempertemukan perwakilan kedua keluarga calon mempelai untuk membicarakan hal-hal terkait dengan teknis perkawinan seperti perkenalan dan penentuan akad nikah.

Di beberapa daerah, prosesi lamaran merupakan hal yang sakral. Misalnya di daerah Bugis, acara lamaran dilakukan untuk membicarakan “uang panai”. Oleh karena itu terkadang dilaksanakan secara meriah dengan mengundang seluruh handai taulan dan keluarga terdekat.

Olehnya itu, acara lamaran dapat menjadi potensi bisnis yang cukup menjanjikan dengan menyediakan jasa dekorasi lamaran.

Modal Usaha Dekorasi Lamaran

Saat sebelum mengetahui apa saja modal usaha dekorasi lamaran, terlebih dulu kalian perlu mengenali konsep dari lamaran itu sendiri.

Modal usaha dekorasi lamaran
Modal usaha dekorasi lamaran

Kegiatan lamaran merupakan kegiatan intim yang umumnya cuma dihadiri oleh anggota keluarga. Kegiatan lamaran sangat kerap diadakan di rumah pihak perempuan.

Umumnya, kegiatan lamaran ini diadakan di dalam rumah, dapat pula diadakan di halaman rumah. Di luar negeri, sebutan lamaran juga kerap disamakan dengan tunangan ataupun engagement.

Menurut Engagement Rings, sebutan tunangan mengacu pada perjanjian antara 2 orang buat menikah pertunangan selaku bukti kesungguhan pendamping buat menempuh bahtera rumah tangga.

Lamaran sendiri ialah kebiasaan warga Indonesia. Dalam kegiatan lamaran, pihak pria hendak memohon izin kepada orang tua perempuan buat menikahi anaknya.

Sebab kegiatan lamaran diadakan secara tertutup serta umumnya diadakan rumah, hingga kegiatan ini tidak memerlukan banyak dekorasi.

Umumnya, dekorasi lamaran meliputi backdrop, sofa, panggung kecil, karpet, photobooth, serta hiasan lain seperi bunga artificial.

Bayaran yang diperlukan buat modal usaha lamaran pula terjangkau. Segala peralatan riasan tersebut apalagi dapat kalian beli di web online.

See also  15 Service Mesin Cuci Samsung Semarang Recommended

Contohnya, kalian dapat membeli paket riasan lamaran di e- commerce. Menurut survei, harga paket riasan lamaran mulai dari ratusan ribu Rupiah.

Harga paket dekorasi bergantung pada peralatan apa saja yang bakal kalian miliki.

Biasanya, dekorasi lamaran terdiri atas hiasan semacam bunga tiruan, lampu, sofa, meja, karpet, panggung mini, backdrop, serta kain ataupun gorden.

Tidak hanya dapat dibeli dalam satu paket usaha, kalian pula dapat membelinya secara terpisah.

Nantinya, peralatan riasan ini bakal kalian sewakan kepada klien. Kalian juga akan ikut serta dalam proses menata dekorasi lamaran.

Tidak hanya dekorasi, kalian pula dapat sediakan jasa juru foto. Pastinya kalian memerlukan kamera buat sediakan jasa ini.

Modal usaha riasan lamaran lain yang diperlukan dapat menyesuaikan dengan permintaan klien.

Jadi, kalian dapat memberikan peluang pada klien buat mengajukan dekorasi yang di idamkan. Kalian cuma perlu mencari peralatan dekorasi yang diharapkan.

Peluang Usaha Dekorasi Lamaran

Sesudah mengenali apa saja modal usaha dekorasi lamaran mendasar yang kalian butuhkan, berikutnya menganalisa kesempatan usahanya.

Modal usaha dekorasi lamaran
Modal usaha dekorasi lamaran

Disaat ini, tantangan terbanyak yang dialami oleh banyak bisnis merupakan pandemi.

Karena, suasana pandemi membuat pemasukan banyak bisnis jauh menurun. Terlebih untuk bisnis yang mengandalkan penjualan jasa serta layanan secara fisik.

Kegiatan resepsi perkawinan juga pernah terserang akibatnya. Resepsi perkawinan merupakan salah satu aktivitas yang dibatasi apalagi sempat dilarang.

Karena, kegiatan ini memunculkan kerumunan banyak orang. Tetapi, kegiatan resepsi serta kegiatan lamaran pasti berbeda.

Seperti yang dipaparkan sebelumnya kalau kegiatan lamaran bersifat tertutup sebab cuma dihadiri anggota keluarga.

Pastinya kegiatan lamaran tidak membutuhkan sewa gedung serta tidak mengumpulkan banyak orang dalam satu posisi.

Itulah sebabnya walaupun dikala pandemi, kegiatan lamaran senantiasa dapat dilaksanakan.

Perihal inilah yang jadi kesempatan bisnis yang menjanjikan. Karena, pada saat tidak dapat melakukan resepsi, sehingga solusi lain merupakan dengan membuat kegiatan lamaran jadi lebih berkesan.

Dari sinilah kalian dapat masuk serta menawarkan jasa dekorasi lamaran. Terlebih, usaha dekorasi lamaran tidak kenal tren.

See also  16 Distributor Minyak Goreng Sunco Surabaya Siap Kirim

Tiap waktu kegiatan lamaran bakal senantiasa dilangsungkan, sehingga pasarnya bakal senantiasa ada.

Tips Memulai Usaha Dekorasi Lamaran

Setelah mengetahui rincian modal usaha dekorasi lamaran dan peluang usahanya, berikutnya Anda bisa mulai menyiapkan strategi usaha yang satu ini.

Ada beberapa startegi yang perlu Anda terapkan untuk memulai usaha ini.

Riset Kompetitor

memulai usaha dekorasi lamaran, Anda harus melihat persaingan bisnis serupa di daerah yang akan Anda pilih menjadi basis usaha.

Tetapkan Jasa yang Anda tawarkan

Strategi kedua dalam memulai usaha dekorasi lamaran adalah dengan menentukan jasa apa saja yang akan Anda tawarkan. Yang pasti, jasa utama adalah dekorasi.

Selain itu Anda juga bisa menawarkan jasa lain seperti fotografer, catering, hingga jasa rias.

Maksimalkan potensi dan keterampilan yang Anda miliki agar bisa mendapat pemasukan yang lebih besar dari satu orang klien.

Siapkan Perlengkapan Dekorasi

Tips selanjutnya adalah menyiapkan kebutuhan dekorasi. Umumnya, acara lamaran bisa diadakan di dalam rumah dan di halaman.

Kedua tempat memiliki dekorasi yang berbeda. Anda perlu menyiapkan beberapa tema dekorasi yang bisa diterapkan di dalam maupun di luar ruangan.

Anda juga bisa menawarkan pilihan kepada klien untuk mengusulkan tema dekorasi yang diinginkan. Dengan begitu, Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Manfaatkan Promosi Media Sosial

Tiktok dan Instagram masing-masing memiliki kelebihan. Pada dasarnya, keduanya adalah aplikasi berbagi foto dan video.

Modal usaha dekorasi lamaran

Anda bisa memanfaatkannya sebagai media promosi usaha dekorasimu. Anda bisa membuat video Tiktok atau Reels Instagram.

Media sosial juga membantumu agar lebih mudah ditemukan oleh klien.

Siapkan Bonus Menarik

Tips terakhir adalah Anda bisa memberikan bonus menarik untuk klienmu.

Misalnya, Anda bisa memberikan bonus upgrade dekorasi lamaran atau memberikan hadiah pigura untuk klien.

Bonus-bonus kecil ini bisa membuat klien merasa lebih dihargai. Sehingga, sangat mungkin klienmu akan merekomendasikan usahamu ke orang lain.

Akhir Kata

Demikian informasi singkat terkait dengan modal usaha dekorasi lamaran yang dapat kami bagikan. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam membangun bisnis Anda.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.