Modal Usaha Counter HP Beserta dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Usaha counter HP adalah bisnis yang menjual berbagai jenis handphone dan perangkat terkait. Bisnis ini biasanya dikelola di sebuah toko atau counter yang terpisah di dalam toko atau pusat perbelanjaan.

Usaha counter handphone bisa menjual handphone baru atau bekas, serta menyediakan jasa perbaikan handphone bagi pelanggan. Selain itu, usaha counter handphone juga biasanya menyediakan aksesori handphone seperti casing, earphone, dan power bank.

Usaha counter HP bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis dengan modal yang terjangkau.

Namun, seperti bisnis lainnya, usaha counter handphone juga membutuhkan persiapan yang matang, seperti memilih lokasi yang strategis, menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, serta mempromosikan bisnis kepada masyarakat.

Modal Usaha Counter HP

Modal Usaha Counter HP

Modal usaha counter HP merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan oleh para calon pengusaha yang ingin membuka bisnis counter handphone. Meskipun terkadang modal yang dibutuhkan tergantung pada lokasi dan skala bisnis yang akan dibuka, ada beberapa hal yang umumnya harus dipertimbangkan dalam menyiapkan modal usaha counter handphone.

Biaya tempat.

Jika Anda berencana untuk membuka counter handphone di toko atau pusat perbelanjaan, maka Anda harus memperhitungkan biaya sewa tempat yang harus dibayarkan setiap bulannya. Namun jika Anda memilih untuk membuka counter handphone di rumah Anda sendiri, maka Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat.

Biaya peralatan.

Setiap counter handphone tentu membutuhkan beberapa peralatan penting, seperti komputer, printer, mesin kasir, dan lain-lain. Pastikan Anda memperhitungkan biaya untuk membeli atau menyewa peralatan tersebut.

Biaya stok barang.

Tentu saja, Anda tidak bisa menjual handphone tanpa adanya stok barang untuk dijual. Oleh karena itu, Anda harus memperhitungkan biaya untuk membeli handphone yang akan dijual, serta biaya untuk menyimpan dan mengelola stok barang tersebut.

Biaya promosi dan iklan.

Agar bisnis Anda dikenal oleh banyak orang, Anda perlu melakukan promosi dan iklan. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhitungkan biaya untuk iklan di media cetak atau online, serta biaya untuk menyewa spanduk atau baliho yang akan mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda akan lebih siap dalam menyiapkan modal usaha counter handphone yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk selalu membuat rencana bisnis yang detail, sehingga Anda bisa lebih mudah mengelola bisnis counter handphone yang Anda jalani.

Berapa modal untuk buka konter HP?

Tidak ada jawaban pasti mengenai berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah counter handphone, karena tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, skala bisnis, dan kebutuhan peralatan yang dibutuhkan. Namun, secara umum, modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah counter handphone bisa berkisar antara Rp10 juta hingga Rp100 juta.

See also  7 Distributor AC LG Surabaya Resmi dan Terpercaya

Angka tersebut bisa lebih rendah jika Anda hanya membuka counter handphone di rumah Anda sendiri, atau menyewa tempat yang terbilang murah. Namun jika Anda membuka counter handphone di toko atau pusat perbelanjaan yang lebih strategis, maka modal yang dibutuhkan bisa lebih tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat rencana bisnis yang detail dan memperhitungkan semua biaya yang mungkin dikeluarkan sebelum memutuskan berapa modal yang dibutuhkan.

Rincian Modal usaha counter HP

  1. Etalase dan Lampu Etalase = RP. 3000.000
  2. Rak Aksesoris Hp 115 X 75 = RP.50.000
  3. Aksesoris Hp = RP. 1.000.000
  4. Kursi Plastik Napolly @ 70.000 x 4 = RP. 280.000
  5. Banner Atau Spanduk = RP. 100.000
  6. Kartu Dan Voucher Kuota = RP. 1.000.000
  7. Tempat Pajangan HP Dan Kartu Perdana = RP. 50.000
  8. Nano Sim Cutter = RP. 75.000
  9. Aplikasi Pulsa = RP. 500.000
  10. Printer Bluetooth = RP. 3.000.000
  11. Alat Tulis Dan Lain – Lain = RP. 200.000
    Total Keseluruhan Modal = RP. 9.255.000

Dapat disimpulkan besar modal usaha counter HP yakni RP. 9.255.000.-. Jumlah ini bisa saja lebih besar atau lebih kecil tergantung lokasi dan harga barang di masing – masing daerah. Menemukan supplier barang yang tepat juga dapat memberikan keuntungan lebih.

Daftar harga barang di atas di cek melalui aplikasi bukalapak januari 2023. Silahkan cek di toko – toko online dan pilih sesuai dengan kebutuhan dan cari mana yang paling murah. Karena biasanya banyak toko online menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda.

Langkah langkah membuka usaha konter HP?

Modal Usaha Counter HP

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuka usaha counter handphone:

Buat rencana bisnis.

Rencana bisnis ini berguna untuk membantu Anda menentukan lokasi yang strategis, menghitung modal yang dibutuhkan, serta mengelola bisnis dengan lebih terstruktur.

Cari lokasi yang strategis.

Pilih lokasi yang mudah diakses oleh calon pelanggan, seperti di dekat pusat perbelanjaan atau di daerah yang ramai. Jika Anda memilih untuk membuka counter handphone di rumah Anda sendiri, pastikan rumah tersebut mudah dijangkau oleh pelanggan.

Sediakan peralatan yang dibutuhkan.

Pastikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, seperti komputer, printer, mesin kasir, dan lain-lain. Jika perlu, Anda bisa menyewa peralatan yang tidak bisa Anda beli secara langsung.

Siapkan stok barang.

Tentukan jenis handphone yang akan Anda jual, serta siapkan stok barang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Jika perlu, Anda bisa bekerja sama dengan distributor handphone untuk memperoleh harga yang lebih murah.

Promosikan bisnis Anda.

Agar bisnis Anda dikenal oleh banyak orang, lakukan promosi melalui iklan di media cetak atau online, serta menyewa spanduk atau baliho yang mengenalkan bisnis Anda kepada masyarakat. Jangan lupa untuk membuat website atau akun media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pelanggan yang lebih luas.

Siapkan sistem pelayanan yang baik.

Pastikan Anda dan karyawan Anda memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, seperti dengan menjawab pertanyaan pelanggan dengan ramah dan memberikan saran yang tepat.

See also  Usaha Sablon Manual Rumahan Low Budget, Bisnis Kaos Masih Primadona!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan lebih siap untuk membuka usaha counter handphone yang sukses. Jangan lupa untuk terus belajar dan mengembangkan bisnis Anda agar dapat bersaing dengan usaha counter handphone lainnya.

Keuntungan usaha konter HP?

Modal Usaha Counter HP

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membuka usaha counter handphone, di antaranya:

Modal yang terjangkau.

Usaha counter handphone relatif membutuhkan modal yang terjangkau dibandingkan bisnis lainnya, terutama jika dibandingkan dengan bisnis yang membutuhkan modal besar seperti bisnis properti atau bisnis jasa.

Pasar yang luas.

Handphone merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kebanyakan orang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan pelanggan. Selain itu, handphone merupakan barang yang sering dibeli ulang, sehingga peluang untuk menjual kembali ke pelanggan yang sama juga cukup terbuka lebar.

Kemungkinan untuk mengembangkan bisnis.

Selain menjual handphone, Anda juga bisa mengembangkan bisnis dengan menawarkan jasa perbaikan handphone atau menjual aksesori handphone seperti casing, earphone, dan power bank serta usaha pulsa dan kuota.

Potensi keuntungan yang tinggi.

Bila Anda bisa mengelola bisnis dengan baik, maka potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha counter handphone juga cukup tinggi. Namun tentu saja, keuntungan yang diperoleh tergantung pada banyak faktor, seperti lokasi, harga jual yang ditetapkan, dan lain-lain.

Peluang untuk mengembangkan jaringan.

Selain mengelola usaha counter handphone di tempat Anda sendiri, Anda juga bisa mengembangkan jaringan dengan membuka counter handphone di tempat lain. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan omset bisnis Anda dan mengembangkan jangkauan pasar yang lebih luas.

Dengan memperhatikan keuntungan-keuntungan tersebut, usaha counter handphone bisa menjadi pilihan yang menarik bagi para pengusaha yang ingin memulai bisnis dengan modal yang terjangkau. Namun seperti bisnis lainnya, usaha counter handphone juga membutuhkan persiapan yang matang dan kerja keras agar dapat sukses.

Kelemahan usaha konter HP?

Modal Usaha Counter HP

Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang mungkin akan Anda hadapi dalam menjalankan usaha counter handphone:

Persaingan yang ketat.

Saat ini, usaha counter handphone sudah cukup banyak yang berkembang, sehingga persaingan bisnis bisa cukup ketat. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berusaha untuk membedakan bisnis Anda dari yang lain, misalnya dengan menawarkan harga yang lebih kompetitif atau pelayanan yang lebih baik.

Perubahan tren yang cepat.

Handphone merupakan barang elektronik yang terus berkembang, sehingga tren yang berlaku saat ini bisa saja berubah dalam waktu yang singkat. Hal ini bisa membuat Anda kesulitan dalam menyesuaikan stok barang yang dijual dengan tren yang berlaku.

Fluktuasi harga.

Harga handphone bisa terus berubah sesuai dengan kebijakan produsen atau kondisi pasar, sehingga Anda perlu selalu memantau harga handphone yang dijual agar tidak terlalu jauh dari harga pasar.

Risiko kerusakan barang.

Walaupun handphone merupakan barang yang cukup tahan lama, namun tidak dapat dipungkiri bahwa handphone juga bisa mengalami kerusakan. Risiko kerusakan ini bisa terjadi saat pengiriman atau saat handphone sedang dijual ke pelanggan.

Kebutuhan akan tenaga kerja yang tinggi.

Usaha counter handphone biasanya membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mengelola bisnis, seperti menjawab pertanyaan pelanggan, mengelola stok barang, dan lain-lain. Jika Anda tidak memiliki tenaga kerja yang cukup, maka bisnis Anda bisa terhambat.

Penutup

Dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan tersebut, Anda bisa lebih siap menghadapi tantangan yang mungkin dihadapi dalam menjalankan usaha counter handphone. Jangan lupa untuk selalu belajar dan mengembangkan bisnis Anda agar dapat terus bersaing dengan usaha counter handphone lainnya.

Semoga informasi tentang modal usaha conter HP tersebut dapat menambah wawasan Anda dalam dunia bisnis.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.