Kursus Komputer Bisa Kerja Apa? Ini Daftarnya!

Posted on

Lulusan kursus komputer bisa kerja apa? Mungkin pertanyaan itu yang akan muncul ketika seseorang memberikan penawaran untuk mengikuti kursus komputer kepada Anda. Bagi orang awam mungkin mengira bahwa komputer hanya sebatas alat untuk mengetik saja.

Dalam era globalisasi dengan perkembangan informasi dan teknologi yang pesat menuntut kita untuk berhadapan dengan teknologi digital atau komputer tiap harinya. Maka dapat dipastikan jika orang yang tidak memiliki kecakapan IT khususnya komputer akan terpinggirkan.

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa

Untuk meningkatkan keahlian dan kompetensi dalam dunia komputer tentu dibutuhkan latihan dan praktik yang cukup. Bagi Anda yang tidak memiliki latarbelakang pendidikan informatika tentu akan memilih alternatif lain seperti diklat atau kursus komputer.

Tidak sulit untuk menemukan tempat kursus komputer intensif. Anda dapat menemukan tempat kursus murah di Jakarta dan daerah lainnya di berbagai kota di Indonesia.

Lalu, begitu selesai kursus komputer bisa kerja apa? Apakah bisa menemukan pekerjaan yang menjanjikan? Berikut ini akan kita ulas daftar pekerjaan yang membutuhkan skill dan keahlian dalam bidang komputer.

1. Content Writer

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa
Kursus Komputer Bisa Kerja Apa: Content Writer

Pekerjaan pertama yang cocok bagi lulusan kursus komputer adalah content writer.

Content writer adalah penulis yang menghasilkan konten-konten menarik kemudian dipublikasikan melalui media sosial, artikel blog, dan platform online lainnya.

Mereka harus mampu menyelaraskan ide desain konten dengan visi dan misi perusahaan serta keinginan target pasar (audience).

Beberapa jenis content writer yang dibutuhkan antara lain:

  • Search Engine Optimization (SEO), berfokus untuk menghasilkan konten yang memenuhi kaidah SEO sehingga ramah terhadap mesin pencari.
  • Jurnalistik, biasanya bertugas dalam media berita atau entertainment online.
  • Techinical, jenis content writer yang berfokus untuk memberikan informasi detail tentang suatu produk.
  • Generalist, tidak memiliki spesifikasi atau tema khusus sehingga dapat menciptakan konten yang beragam.
  • Media sosial, fokus pada pembuatan konten suatu akun media sosial seperti Fans Page FB, Instagram, Twitter, dll. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga agar media sosial tersebut senantiasa update tiap harinya.

2. Desain Grafis

Lowongan pekerjaan untuk lulusan kursus komputer berikutnya adalah desain grafis.

Desain grafis adalah bentuk seni lukis yang menghasilkan atau membuat elemen seperti ilustrasi, foto, dan lainnya diatas melalui software komputer.

Seorang desainer grafis harus mampu menuangkan ide dan pesan konten tulisan ke dalam sebuah gambar.

Bagi yang ingin menjadi desainer grafis, minimal mengambil kelas adobe dalam kursus komputer. Meskipun banyak software editing lainnya, namun adobe merupakan software yang paling lengkap dan populer.

3. Video Editor

Job berikutnya yang bisa dikerjakan adalah video editing. Pekerjaan ini tidak beda jauh dengan desain grafis. Yang berbeda hanya output yang dihasilkan.

Keterampilan yang dibutuhkan adalah kemampuan melakukan editing pada video-video yang akan dimasukkan ke dalam konten presentasi perusahaan. Software yang dibutuhkan pada dasarnya adalah adobe juga.

See also  5 Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online Gratis Bersertifikat

4. Web Designer

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa
Kursus Komputer Bisa Kerja Apa: Website Designer

Pekerjaan web designer memiliki prospek yang sangat bagus pada saat ini. Kebutuhan akan sistem informasi berbasis website sangat tinggi sehingga otomatis permintaan lowongan juga akan meningkat.

Web designer adalah orang yang memiliki kemampuan dalam mempercantik tampilan website.

Untuk menjadi web designer yang handal, dibutuhkan pemahaman bahasa pemrograman HTML dan CSS. Hal ini sesuai dengan tugasnya yaitu mempercantik tampilan website.

Selain itu, seorang web designer harus memiliki kemampuan dasar dalam visual design, user experience (UX), dan pemahaman SEO.

Oleh karena itu pastikan untuk memilih paket kursus komputer yang memiliki materi kursus tersebut.

5. Web Developer

Web developer atau pengembang website adalah orang yang memiliki kemampuan untuk membuat website mulai dari nol dengan menggunakan Bahasa pemrograman atau CMS khusus.

Sekarang ini, web developer menjadi menjadi lowongan pekerjaan yang paling banyak dicari. Uniknya, bidang pengembangan website ini juga memiliki penawaran yang tinggi sehingga tak heran menjadi primadona banyak orang.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Web Developer? Berikut ini adalah skill utama yang wajib dimiliki oleh seorang web developer.

  • Skill Front End Developer
  • Hypertext Markup Language (HTML)
  • Cascading Style Sheets (CSS)
  • JavaScript
  • Back End Developer
  • Structured Query Language (SQL)
  • Hypertext Preprocessor (PHP)

6. Youtuber

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa
Kursus Komputer Bisa Kerja Apa: Youtuber

Siapa sih yang tidak kenal Atta Halilintar, sang raja youtuber Asia Tenggara. Menjadi seorang youtuber dapat menjadi salah satu alasan untuk Anda mengambil kursus computer.

Penghasilan seorang youtuber pun tak bisa di pandang sebelah mata. Sudah cukup banyak buktinya youtuber Indonesia yang meraup keuntungan besar dari youtube. Selain Atta, ada Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, Baim Wong, dan lainnya.

Bahkan hanya dengan bermodalkan HP, Anda bisa menjadi seorang youtuber. Kuncinya satu yaitu konsistensi.

Skill yang perlu Anda kuasai pun tidak terlalu banyak. Setidaknya, mampu mengambil gambar/video dengan baik, mampu melakukan editing video, serta kemampuan untuk merangkai sebuah cerita tergantung topik video yang akan dibahas.

7. Copywriter

Copywriter adalah penulis yang mempunyai tugas untuk mempromosikan dan memasarkan suatu produk atau jasa.

Seorang copywriter harus mampu membuat tulisan yang persuasive sehingga orang yang membaca tulisannya tertarik akan produk atau jasa yang ditawarkan.

Secara garis besar tugas seorang copywriter yaitu sebagai berikut:

  • Menulis bacaan buat modul iklan serta pemasaran
  • Membuat konten yang engaging buat media sosial
  • Tingkatkan visibilitas brand lewat bermacam media
  • Menulis konten web terpaut dengan branding semacam homepage, landing page, serta product page
  • Mengganti direksi kreatif serta teknis jadi konten persuasif
  • Bekerjasama dengan PR serta marketing buat meningkatkan bermacam modul serta konsep campaign

8. Digital Marketing

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa
Kursus Komputer Bisa Kerja Apa: Digital marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang diterapkan dengan menggunakan platform digital buat mempromosikan suatu produk atau pun jasa. Pelaksanaan strategi ini pasti menjajaki pertumbuhan masa digital yang menuntut regu pemasaran buat menjangkau konsumen mereka di internet demi keberhasilan sasaran.

Pelaksanaan strategi digital marketing merupakan suatu tata cara menggunakan kemampuan dari banyaknya pengguna media digital buat menggapai sasaran penjualan. Tidak hanya itu, khasiat digital marketing merupakan menjangkau para pembeli potensial sebab beberapa fitur iklan pada sosial media membolehkan buat melaksanakan segmentasi secara terperinci.

See also  Kursus Bahasa Inggris untuk Karyawan Yang Terjangkau

Olehnya itu dibutuhkan seorang yang ahli dalam dunia digital khususnya computer untuk dapat menjadi seorang admin digital marketing.

9. Konsultan SEO (Search Engine Optimization)

Konsultan serta ahli SEO merupakan pakar yang bekerja dengan keahlian buat melaksanakan menganalisis, meninjau, tingkatkan kinerja web website serta hasil mesin pencari serta tautan masuk. Seluruh informasi ini hendak dikumpulkan supaya bisa memperoleh anjuran seseorang ahli, jadi panduan, tugas yang bisa ditindaklanjuti dan jadi saran untuk kepentingan industri ataupun bisnis.

Dari Analisa tersebut memungkinkan owner bisnis buat memperoleh lebih banyak kemudian lintas mesin telusur natural, prospek bisnis yang bermutu, serta posisi peringkat mesin telusur yang lebih besar. Disamping pula menciptakan lebih banyak klik web website serta kemudian lintas mesin telusur yang bermutu.

Tiap ahli SEO yang bekerja selaku pekerja lepas ataupun di dalam industri pemasaran, wajib mempunyai beberapa keahlian serta skill berarti selaku berikut:

  • Analisis data web
  • Pengoptimalan kata kunci
  • Menguasai parameter mesin pencari
  • Pemrosesan analitik
  • Pembuatan konten
  • Keahlian di bidang teknologi informasi
  • Manajemen klien

10. Admin

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa

Salah satu lowongan pekerjaan yang paling sering muncul dan dicari dalam sebuah iklan loker adalah tenaga administrator atau admin. Hampir semua Lembaga atau kantor baik itu kantor pemerintah maupun perusahaan swasta akan membutuhkan tenaga administrasi.

Tugas seorang admin adalah mengatur segala tetek bengek terkait dengan tata Kelola administrasi seperti mengurus berkas, persuratan, laporan, arsip, keuangan maupun mengelola data pegawai perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, posisi admin terdapat di semua bagian. Ada admin Gudang, admin produksi, admin pemasaran, dan lainnya. Tak heran jika posisi admin ini memang paling banyak dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini.

Skill yang dibutuhkan oleh seorang admin pun tidak terlalu rumit. Minimal kemampuan dasar mampu mengoperasikan computer dan mahir dalam menggunakan Microsoft office terutama Word dan Excel untuk mengolah data.

Berapa biaya kursus komputer?

Besaran biaya yang dibutuhkan dalam kursus komputer tergantung dari paket skill yang akan dipelajari. Makin rumit maka akan semakin mahal pula.

Kursus komputer apa saja yg dipelajari?

Pilihlah bidang kursus yang akan menjadi prospek kerja Anda ke depannya, misal administrasi perkantoran, Web design, dan lainnya

Untuk apa sertifikat kursus komputer?

Sertifikat komputer yang Anda miliki dapat digunakan sebagai dokumen tambahan ketika melamar suatu pekerjaan. Bahkan ada pekerjaan khusus yang memang mensyaratkan sertifikat keahlian komputer. Jadi tidak perlu ragukan lagi kalau salah satu kursus palung bermanfaat adalah kursus komputer.

Apa kelebihan jika kita kursus komputer?

Setidaknya ada tiga manfaat yang kamu peroleh dengan mengikuti suatu kursus komputer. Pertama, ada yang mengarahkan. Anda akan mendapatkan bimbingan dari instruktur secara teratur. kedua, tidak takut salah. Dengan adanya pembimbing akan membuat Anda tidak takut salah dalam mencoba hal baru. Ketiga, Edukasi yang banyak. Dengan trial dan error yang terbimbing akan membuat Anda menguasai banyak solusi permasalahan yang muncul.

Lulus kursus komputer bisa kerja apa?

  1. Content Writer
  2. Desain Grafis
  3. Video Editor
  4. Web Designer
  5. Web Developer
  6. Youtuber
  7. Copywriter
  8. Digital Marketing
  9. Konsultan SEO (Search Engine Optimization)
  10. Admin
  11. Dan masih banyak lainnya.

Masih ingin bertanya kalau kursus computer bisa kerja apa? Itulah beberapa daftar lowongan pekerjaan yang membutuhkan keahlian dalam bidang komputer paling dicari saat ini. Semoga mampu menjawab segala pertanyaan tentang kegunaan kursus komputer serta pekerjaan yang tepat untuk lulusannya.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.