Upah Tukang Bangunan di Bekasi Harian dan Borongan

Posted on

Upah Tukang Bangunan di Bekasi – Buat Anda yang mau membangun rumah ataupun mengerjakan renovasi bangunan di Bekasi, tidak hanya wajib mencermati harga bahan bangunan di Bekasi serta kualitas material yang bakal Anda beli, Anda juga wajib mencermati besaran upah tukang bangunan yang bakal Anda pekerjakan.

Dengan mengenali upah tukang bangunan baik yang dibayar harian ataupun dengan cara borongan, Anda bakal lebih gampang untuk membuat RAB saat sebelum membangun rumah ataupun hunian.

Tukang bangunan jadi elemen yang sangat berarti dalam mendirikan bangunan, rencana bangunan yang telah dirancang oleh arsitek bakal di kerjakan oleh tukang bangunan dibantu oleh pembantu tukang ataupun kuli.

Jumlah tukang bangunan yang dibutuhkan dalam satu proyek pula bermacam- macam, bergantung luas bangunan, tingkatan kesusahan serta sasaran waktu penyelesaian pekerjaan.

Berikut ini bakal kami bahas secara rinci upah tukang bangunan di Bekasi terbaru tahun 2022 dengan cara harian serta borongan, cara memilih tukang bangunan dan tata cara menghitung bayaran tukang bangunan borongan.

Upah Tukang Bangunan di Bekasi

Upah Tukang Bangunan di Bekasi
Ilustrasi tukang bangunan di Bekasi

Secara umum, rata- rata upah tukang bangunan di Bekasi sustem harian yakni Rp. 100. 000 hingga Rp. 250. 000 per hari, sedangkan itu buat upah tukang bangunan borongan ialah Rp. 3. 000. 000 hingga Rp. 5. 000. 000 per m2.

Upah tukang bangunan tersebut dapat lebih rendah ataupun lebih besar bergantung kawasan, keahlian tukang serta tipe bangunan yang bakal dibikin.

Dalam prakteknya, buat membikin rumah ataupun bangunan juga dibutuhkan beberapa tukang bangunan dengan keahlian spesial semacam tukang cat, tukang batu, tukang kayu serta tukang gali tanah.

Upah Harian Tukang Bangunan

Bila Anda memakai cara pembayaran harian, terdapat sebagian keuntungan yang dapat Anda miliki, salah satunya yaitu tukang bangunan wajib bekerja terus tanpa ada peluang menganggur. Sebab itu, pekerjaan bangunan otomatis bakal berakhir dalam waktu yang relatif cepat. Tetapi, buat mengefisienkan pekerjaan tukang, Anda hendaknya mempersiapkan terlebih dahulu material dan foto teknik yang menerangkan apa saja yang perlu diganti, dirobohkan, serta dibangun.

Kelebihan Tukang Bangunan Harian

  • Pekerjaan tukang lebih terkontrol.
  • Jika hasil pekerjaan kurang memuaskan, dapat seketika di berhentikan dan mencari pengganti tukang lain.
  • Tarif lebih murah dibanding tukang borongan.
  • Hasil biasanya lebih baik sebab tak terburu-buru.

Kekurangan Tukang Bangunan Harian

  • Pekerjaan wajib senantiasa diawasi agar tukang bekerja dengan benar dan cocok dengan arahan.
  • Seringkali pekerjaan butuh waktu lebih lama karena dibayar harian.
See also  Upah Tukang Bangunan di Bogor 2022

Berikut ini ialah tabel daftar upah tukang bangunan per hari di Bekasi dengan berbagai keterampilan khusus.

Jenis Tukang Satuan Upah
Kepala Tukang orang/hari Rp. 170.000
Tukang Cat orang/hari Rp. 115.000
Tukang Kayu orang/hari Rp. 125.000
Tukang Batu orang/hari Rp. 135.000
Pembantu Tukang orang/hari Rp. 95.000
Tukang Besi orang/hari Rp. 125.000
Tukang Gali Tanah orang/hari Rp. 105.000
Tukang Listrik orang/hari Rp. 115.000

Bila dibanding tahun-tahun sebelumnya, tarif upah tukang bangunan di bekasi per hari tahun 2022 ini alami peningkatan. Misalnya, ongkos tukang las yang sebelumnya Rp166 ribuan, saat ini naik jadi Rp183 ribuan per hari.

Tidak hanya membayar dengan upah harian, saat ini banyak pengembang yang memilih membayar upah pekerja bangunan secara borongan. Pada cara borongan ini, paling tidak ada 2 pola, yakni borongan upah tenaga serta borongan secara keseluruhan. Perbedaannya, pada cara borongan upah tenaga, Anda cuma membayar upah tukang saja, sebaliknya material senantiasa Anda persiapkan secara mandiri. Hal ini berbeda dengan pola borongan keseluruhan, sebab bayaran ataupun upah tenaga serta bahan( material) diserahkan kepada tukang ataupun mandor.

Upah Borongan Tukang Bangunan di Bekasi

Upah Tukang Bangunan di Bekasi
Ilustrasi tukang borongan di Bekasi

Bila Anda memutuskan untuk memakai cara borongan, terdapat sebagian hal yang perlu dicermati supaya kerja tukang dapat lebih efektif. Untuk menggunakan cara ini, ada baiknya Anda mempersiapkan gambar kerja berikut spesifikasi pekerjaan yang direncanakan. Walaupun menyerahkan pekerjaan kepada tukang, Anda wajib ikut mengawasi hasil pekerjaannya. Hal ini mengingat tukang yang dibayar borongan umumnya mau buru- buru berakhir tanpa memerhatikan mutu pekerjaannya.

Sama seperti tukang dengan upah harian, pemilihan tukang dengan cara upah borongan di Bekasi juga ada kelebihan dan kekurangannya, berikut ini yakni kelebihan dan kekurangan menggunakan tukang bangunan dengan metode upah borongan.

Kelebihan Tukang Bangunan Borongan

  1. Metode relatif lebih kencang.
  2. Tidak butuh selalu mengawasi para pekerja, sebab lazimnya sudah terdapat kepala tukang yang mengendalikan pekerjaan.

Kekurangan Tukang Bangunan Borongan

  1. Karena dilaksanakan dengan cepat, lazimnya hasil pekerjaan kurang perinci serta terkesan terburu- buru.
  2. Bila pekerjaan kurang baik, tidak bisa lalu memohon menyudahi para pekerja, sebab perjanjian penerapan proyek hingga berakhir.
  3. Bayaran umumnya lebih mahal dibandingkan dengan bayaran pekerja setiap hari.

Apabila Anda berkeinginan menggunakan tukang bangunan dengan cara borongan untuk pengerjaan bangunan, Anda bisa melihat tabel berikut ini sebagai referensi.

Jenis Pekerjaan Satuan Upah
Pemagaran m2 Rp. 35.000
Galian Tanah Pondasi m3 Rp. 75.000
Pemasangan Beton m2 Rp. 45.000
Pasang Bata m2 Rp. 35.000
Pasang Daun Jendela Unit Rp. 75.000
Pasang Kusen Jendela Unit Rp. 95.000
Pasang Daun Pintu Unit Rp. 105.000
Pasang Kusen Pintu Unit Rp. 155.000
Pasang Talang m2 Rp. 75.000
Pasang Atap m2 Rp. 125.000
Pasang Plafon m2 Rp. 55.000
Pasang Keramik Lantai m2 Rp. 55.000
Pasang Keramik Dinding m2 Rp. 65.000
Pasang Keramik Kamar Mandi m2 Rp. 55.000
Pengecatan Dinding m2 Rp. 35.000

Cara Menghitung Upah Tukang Borongan

Cara menghitung upah tukang borongan cukup gampang, pada dasarnya yang harus Anda lakukan adalah mengalikan luas bangunan Anda dengan biaya tenaga kerja yang telah disepakati.

See also  Upah Tukang Bangunan di Palembang Harian dan Borongan

Misalnya Anda ingin membangun rumah tipe 60 atau dengan luas 60 m2 dan besaran upah borongan yang disepakati adalah Rp. 3.000.000 per m2. Maka Anda harus membayar 60 x Rp. 3.000.000 = Rp 180.000.000.

Jika Anda kemudian ingin menyewa grosir untuk mengerjakan item tertentu, metode penghitungannya sama, mis. B. Kerjakan peletakan ubin lantai| biayanya Rp. 50.000 per m2 dipasang pada bangunan dengan luas 60m2, maka upah pedagang grosir adalah 60 x Rp. 50.000 = Rp. 3.000.000.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upah tukang bangunan di Bekasi sistem borongan tahun ini hanya mengalami sedikit perubahan. Selain per pekerjaan, ada beberapa kontraktor atau pemborong yang menentukan ongkos tukang borongan berdasarkan bentuk bangunan rumah. Harga atau upah borongan untuk bangunan rumah menengah atau standar berkisar Rp3 juta sampai Rp4,5 juta per m2, untuk rumah mewah berkisar Rp4,5 juta sampai Rp5,5 juta per m2, dan upah borongan untuk rumah lux mulai Rp6 jutaan per m2.

Tips Memilih Tukang Bangunan di Bekasi

Upah Tukang Bangunan di Bekasi
Ilustrasi pekerjaan tukang banguan di Bekasi

Setelah Anda memahami perbedaan upah tukang bangunan di Bekasi dengan sistem harian dan borongan, serta kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya kami akan memberikan tips cara memilih kontraktor yang tepat di Bekasi untuk melaksanakan pekerjaan rumah atau apartemen Anda. setelah menjalankan Rencana.

Di bawah ini adalah beberapa kualifikasi standar yang harus dimiliki oleh seorang tukang bangunan yang baik.

1. Sehat dan bugar

Pastikan Anda memilih pekerja yang sehat dan bugar karena pekerjaan tukang membutuhkan energi fisik yang prima sehingga kesehatan sangat diutamakan.

Usia seorang tukang bangunan biasanya juga menentukan kesehatan dan performa fisiknya. Pembangun antara usia 25 dan 45 biasanya berada dalam fase produktif, karena kinerja fisik dan mental mereka telah cukup matang.

2. Bekerja lebih dari bicara

Dalam bekerja, pekerja konstruksi harus bekerja dengan cepat dan tepat waktu, pekerjaan akan tertunda jika Anda menyewa tukang yang banyak bicara, karena akan mempengaruhi konsentrasi Anda dan pekerja lain.

3. Hati-hati

Juga pastikan bahwa pengrajin yang Anda pilih rajin dalam segala hal, karena semuanya harus dipertimbangkan dengan cermat saat membuat atau membangun sebuah bangunan.

Dengan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi maka bangunan akan berdiri dengan baik dan para pekerja juga dapat terhindar dari kecelakaan kerja.

4. Tidak buta huruf dan tidak buta warna

Pembangun juga harus bisa membaca, memahami angka dan tidak buta warna, karena dalam membangun sebuah bangunan akan selalu dihadapkan pada angka dan ukuran yang harus akurat.

Selain itu, buta warna menjadi perhatian khusus karena ada proses pengecatan dan instalasi listrik dan dekorasi lainnya dalam konstruksi bangunan, yang harus memperhatikan perbedaan warna.

5. Bisa membaca gambar teknik

Pastikan tukang yang Anda pilih dapat membaca denah lantai atau gambar teknik yang disiapkan oleh arsitek Anda. Pembangun harus mampu mengubah gambar atau desain bangunan menjadi bangunan dan menghindari kesalahan.

Kesimpulan

Menyusun Rencana Anggaran Biaya atau RAB bangunan merupakan salah satu hal wajib yang perlu dilakukan sebelum membangun rumah atau hunian, salah satu item dalam RAB yaitu upah pekerja atau upah tukang yang telah kami jelaskan diatas.

Semoga daftar upah tukang bangunan harian dan borongan di Bekasi serta tips memilih tukang bangunan yang baik yang kami bagikan bisa memberikan manfaat untuk para pembaca.

Demikian informasi dari kami terkait dengan daftar upah tukang bangunan di Bekasi terbaru.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.