Relative Pronouns: Pengertian, Contoh, dan Penggunaan dalam Kalimat

Posted on

Pemahaman tentang kata ganti penghubung (relative pronouns) dalam bahasa Inggris sangat penting bagi siapa pun yang ingin menguasai bahasa ini dengan baik. Kata ganti penghubung adalah kata-kata yang digunakan untuk menghubungkan klausa tergantung (dependent clause) dengan klausa utama (main clause) dalam sebuah kalimat. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan secara rinci apa itu relative pronouns dan mengapa pemahaman tentang hal ini sangat penting.

Ringkasan

  • Relative Pronouns adalah kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa dalam satu kalimat.
  • Jenis-jenis Relative Pronouns antara lain: who, whom, whose, which, that.
  • Fungsi Relative Pronouns dalam kalimat adalah untuk menggantikan kata benda atau orang yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Contoh kalimat dengan Relative Pronouns: The book that I read last night was very interesting.
  • Pentingnya penggunaan Relative Pronouns dalam Bahasa Inggris adalah untuk membuat kalimat lebih jelas dan mudah dipahami.

Apa itu Relative Pronouns?

Relative pronouns adalah kata-kata yang digunakan untuk menggantikan noun atau frasa nominal tertentu dalam sebuah klausa tergantung, dan pada saat yang sama berfungsi sebagai penghubung antara klausa tergantung dan klausa utama. Dalam bahasa Inggris, ada beberapa jenis relative pronouns yang umum digunakan, seperti “who”, “whom”, “whose”, “which”, dan “that”.

Contoh penggunaan relative pronouns:
– The man who is standing over there is my father.
– The book which I borrowed from the library is very interesting.

Jenis-jenis Relative Pronouns

Ada beberapa jenis relative pronouns yang umum digunakan dalam bahasa Inggris. Pertama-tama, kita memiliki “who” dan “whom” yang digunakan untuk merujuk kepada orang-orang atau subjek manusia dalam kalimat tersebut.

Contoh:
– The girl who is singing has a beautiful voice.
– The teacher whom I respect the most is Mr. Johnson.

See also  Materi Simple Present Tense dalam Bahasa Inggris

Selanjutnya, kita memiliki “whose” yang digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau hubungan milik seseorang terhadap sesuatu.

Contoh:
– The man whose car was stolen reported it to the police.
– The students whose grades are excellent will receive a scholarship.

Kemudian, kita memiliki “which” yang digunakan untuk merujuk kepada benda atau hewan dalam kalimat tersebut.

Contoh:
– The house which is painted blue belongs to my aunt.
– The dog which is barking loudly is annoying.

Terakhir, kita memiliki “that” yang dapat digunakan untuk merujuk kepada orang, benda, atau hewan dalam kalimat tersebut. Kata ganti ini sering kali digunakan sebagai pengganti “who”, “whom”, atau “which”.

Contoh:
– The boy that I met yesterday is very friendly.
– The book that I bought yesterday is very interesting.

Fungsi Relative Pronouns dalam Kalimat

Fungsi Relative Pronouns dalam Kalimat Definisi Contoh
Menggantikan kata benda Relative pronouns digunakan untuk menggantikan kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya dalam kalimat. “Saya membeli buku yang bagus.”
Menjelaskan kata benda Relative pronouns juga dapat digunakan untuk menjelaskan kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya dalam kalimat. “Saya suka mobil yang merah.”
Menjelaskan orang atau hewan Relative pronouns dapat digunakan untuk menjelaskan orang atau hewan yang sudah disebutkan sebelumnya dalam kalimat. “Dia adalah teman saya yang selalu membantu.”
Menjelaskan tempat atau waktu Relative pronouns juga dapat digunakan untuk menjelaskan tempat atau waktu yang sudah disebutkan sebelumnya dalam kalimat. “Saya pergi ke kota yang indah.”

Relative pronouns berfungsi sebagai penghubung antara klausa tergantung dan klausa utama dalam sebuah kalimat. Mereka membantu menyampaikan informasi tambahan tentang subjek atau objek yang dirujuk oleh relative pronouns tersebut. Dengan menggunakan relative pronouns dengan tepat, penutur bahasa Inggris dapat menghindari pengulangan kata-kata yang tidak perlu dan membuat tulisan atau pembicaraan mereka lebih jelas dan koheren.

Contoh Kalimat dengan Relative Pronouns

Relative Pronouns

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dengan relative pronouns:

1. She is the girl who won the singing competition last night.
(Dia adalah gadis yang memenangkan kompetisi bernyanyi semalam.)

See also  Personal Pronouns: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Penggunaannya

2. This is the book which I borrowed from the library.
(Inilah buku yang saya pinjam dari perpustakaan.)

3. He has a friend whose father works as a doctor.
(Dia memiliki seorang teman yang ayahnya bekerja sebagai dokter.)

4. The car that I bought last week is very fast.
(Mobil yang saya beli minggu lalu sangat cepat.)

5. The dog which is barking loudly belongs to my neighbor.
(Anjing yang sedang menggonggong keras itu milik tetangga saya.)

Kesimpulan dan Pentingnya Penggunaan Relative Pronouns dalam Bahasa Inggris

Dalam kesimpulan, pemahaman tentang relative pronouns sangat penting dalam bahasa Inggris karena mereka membantu menghubungkan klausa tergantung dengan klausa utama dalam sebuah kalimat. Dengan menggunakan relative pronouns dengan tepat, penutur bahasa Inggris dapat meningkatkan kejelasan dan koherensi tulisan dan pembicaraan mereka.

Penggunaan relative pronouns juga memungkinkan penutur bahasa Inggris untuk menghindari pengulangan kata-kata yang tidak perlu, sehingga membuat tulisan atau pembicaraan lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah menjelaskan apa itu relative pronouns, jenis-jenisnya, serta fungsi dan contoh penggunaannya dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris. Pemahaman tentang hal ini akan membantu siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

Untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang relative pronouns, disarankan untuk sering berlatih menggunakan kata ganti penghubung ini dalam tulisan maupun percakapan sehari-hari Anda. Semakin sering Anda berlatih, semakin baik penguasaan Anda terhadap bahasa Inggris akan menjadi.

FAQs

Apa itu Pronoun Relatif?

Pronoun relatif adalah kata ganti yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa atau frasa dalam satu kalimat.

Apa saja jenis-jenis Pronoun Relatif?

Jenis-jenis pronoun relatif antara lain: yang, yang mana, yang tidak, yang mana tidak, siapa, apa, dan bahwa.

Apa fungsi dari Pronoun Relatif?

Fungsi dari pronoun relatif adalah untuk menghubungkan dua klausa atau frasa dalam satu kalimat dan menghindari pengulangan kata yang sama.

Bagaimana cara menggunakan Pronoun Relatif dalam kalimat?

Pronoun relatif digunakan setelah kata benda atau kata kerja yang menghubungkan dua klausa atau frasa dalam satu kalimat.

Apa contoh penggunaan Pronoun Relatif dalam kalimat?

Contoh penggunaan pronoun relatif dalam kalimat adalah: “Saya memiliki teman yang selalu membantu saya” atau “Buku yang saya baca sangat menarik”.

Gravatar Image
Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang berkecimpung di dunia internet sejak 2007 sebagai part-time blogger dan Educator. Tertarik dengan dunia Bisnis, Teknologi dan Bahasa Inggris pada umumnya.